Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 17 Agustus 2020 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar postingan media sosial yang mengklaim kalau aplikasi TikTok yang sedang populer ini buatan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Klaim ini dipostingkan akun Facebook Dolyy Sabunyaman Lotino dengan berisi sebuah foto sejumlah pegawai ByteDance tengah memegang bendera merah berlogo palu arit.

Akun Facebook itu juga menuliskan caption dengan narasi sebagai berikut:

“Ternyata tik tok si empunya PKI.
Tanpa kita sadari yg sering tik tokan menyumbang dana untuk anak cucu PKI
Naudzubillah”.

Lalu benarkah jika aplikasi TikTok adalah buatan PKI?

Penjelasan

Berdasarkan penjelasan cek fakta Turnbackhoax.id -jaringan Suara.com, klaim yang menyebut bahwa aplikasi TikTok adalah milik PKI adalah klaim yang salah.

Faktanya, Tiktok dibuat oleh perusahaan teknologi dari China yaitu ByteDance.

Foto yang menunjukkan sejumlah orang di depan gedung bertuliskan ByteDance itu adalah beberapa pejabat eksekutif perusahaan yang tengah berpose bersama sejumlah anggota Partai Komunis China.

Foto tersebut awalnya dimuat dalam sebuah artikel di situs Taiwannews.com berjudul "TikTok owners show true colors with communist flag" pada 6 Agustus 2020.

Foto itu diambil ketika perusahaan ByteDance tengah menyelenggarakan acara dengan Partai Komunis China di distrik Haidian Beijing.

Cek Fakta: foto sejumlah petinggi perusahaan TikTok bersama anggota partai komunis. (Turnbackhoax.id)

Foto tersebut sempat menimbulkan ketegangan antara Amerika Serikat dan China dengan tudugan bahwa TikTok menjual data pengguna ke pemerintah China.

Presiden Amerika, Donald Trump, bahkan memberi waktu hingga 15 September kepada Microsoft untuk mencapai kesepakatan agar membeli aplikasi TikTok, sebelum melarang aplikasi video itu beredar di Amerika Serikat.

TikTok sendiri mulanya didirikan oleh Yiming, seorang lulusan teknik perangkat lunak dari Universitas Nankai.

Ia kemudian mendirikan perusahaan teknologi bernama ByteDance pada Maret 20212. Lewat perusahaan ini lah dia mengembangkan aplikasi TikTok yang kini viral digunakan netizen.

Kesimpulan

Hasil cek fata pada postingan yang menyebut bahwa aplikasi TikTok adalah buatan PKI atau Partai Komunis Indonesia adalah klaim yang salah.

Postingan media sosial yang mengklaim aplikasi TikTok dibuat oleh PKI termasuk dalam kategori Konten yang Salah. (Suara.com/ Farah Nabilla).

BACA SELANJUTNYA

Profil dan Biodata Codebluuuu Tiktok yang Viral Ribut dengan Farida Nurhan