Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 20 Agustus 2020 | 15:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kolom Trending Twitter Indonesia diramaikan dengan keluhan mengenai layanan Gmail dan Google Drive yang tumbang siang ini, Kamis (20/8/2020).

Sebelum dikonfirmasi resmi, netizen mengeluhkan tumbangnya jaringan layanan Google seperti Gmail, Google Meet, YouTube, Google Drive dan Google Docs.

Namun, mengutip dari Engadget, halaman situs Google mengkonfirmasi bahwa dua layanannya yang mengalami gangguan dan tumbang adalah Gmail dan Google Drive yang sempat tidak bisa diakses.

Tumbangnya dua layanan Google ini langsung saja membuat netizen membanjiri Twitter dan mengkumandangkan keluhan terkait Gmail dan Google Drive.

Berdasarkan pantauan tim HiTekno di situs Down Detector, berbagai keluhan disampaikan oleh pengguna yang mengaku tidak bisa mengakses Gmail dan Google Drive di waktu bersamaan.

Ilustrasi Gmail. (Unsplash/Stephen Phillips)

Pada layanan Gmail, pengguna mengaku tidak bisa melampirkan file hingga tidak bisa melakukan login dan menerima pesan baru di Inbox Gmail.

Melihat peta DownDetector, tumbangnya layanan Gmail dan Google Drive ini rupanya dialami hampir di seluruh dunia dan sebagian besar di Asia. Beberapa negara seperti Singapura, India, Korea hingga Indonesia.

Di negara yang sama juga terdengar keluhan mengenai Google Drive yang tumbang. Untuk Google Drive, pengguna mengaku kesulitan melakukan sinkronisasi file, aplikasi yang tidak bisa loading, hingga kesulitan melakukan login.

Google Drive.

Mendengar keluhan pengguna, Google langsung memberikan laporan resminya dan mengaku segera melakukan investigasi terkait laporan mengenai layanan Gmail dan Google Drive yang tumbang ini.

BACA SELANJUTNYA

Pakar Keamanan Siber Temukan Celah di Sistem Centang Biru Baru Gmail