Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 Agustus 2020 | 08:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Engineering Manager Tokopedia, Gilang Kusuma Jati (30), membagikan tips untuk menjadi seorang software engineering andalan berdasarkan pengalamannya.

Gilang berbagi tips ini melalui talk show inspiratif, bertepatan dengan HUT ke-11 Tokopedia 17 Agustus 2020 kemarin. 

Gelaran ini sebagai upaya Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia mendukung perkembangan talenta digital lewat berbagai program demi memajukan ekosistem industri teknologi Indonesia.

Sebagai Engineering Manager Tokopedia dan pakar teknologi, Gilang Kusuma Jati membagikan bagaimana tips untuk bisa berkembang sebagai seorang software engineering.

Gilang berbagi pengalaman dan pengetahuan selama berkarya di bidang teknologi. Khususnya untuk lebih memberdayakan pegiat usaha di Indonesia terutama UMKM dalam berbisnis daring.

Ketertarikan Gilang terhadap teknologi muncul sejak SMA. Ia kemudian melanjutkan studi di jurusan Teknik Informatika STT Telkom. Gilang mendalami software engineering setelah 2,5 tahun menjadi dosen saat melanjutkan pendidikan magister di Universitas Indonesia.

"Saya percaya teknologi dapat mempermudah kehidupan masyarakat. Dengan mendalami software engineering, saya berharap bisa terus menciptakan produk bermanfaat bagi masyarakat luas," kata Gilang.

Kantor Tokopedia. (Tokopedia)

Pada Agustus 2016, Gilang meluncurkan aplikasi Jakarta City Line untuk para pengguna KRL. Ia kemudian bergabung dengan Tokopedia sejak Maret 2019 sebagai Engineering Manager untuk aplikasi Mitra Tokopedia. Ia bertanggung jawab atas pengembangan produk, proses, tim dan tujuan tim.

Sejumlah inovasi dibuat oleh Gilang dan tim. Misal fitur Grosir, yang mempermudah pelaku usaha tradisional, dalam hal ini pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis, membeli stok untuk toko offline-nya.

Ada juga fitur yang bisa membuat pelaku usaha tradisional menambah pendapatan dengan berjualan produk digital, seperti Pulsa, Paket Data, pembayaran listrik, air, BPJS dan lain-lain, serta fitur Poin Hadiah yang memungkinkan pengguna menukarkan poin hasil transaksi dengan emas untuk berinvestasi.

"Kami terus berupaya memastikan platform Mitra Tokopedia dapat digunakan dengan sangat mudah dan praktis sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan para pelaku usaha tradisional," ungkapnya.

Berkat kemudahan atas inovasi tersebut, antusiasme pengguna Mitra Tokopedia pun terus meningkat. Hingga Juni 2020, aplikasi ini telah digunakan oleh jutaan pelaku usaha tradisional untuk melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Ilustrasi Tokopedia. (Tokopedia)

Jumlah transaksi produk digital melalui Mitra Tokopedia juga mengalami kenaikan signifikan selama periode pandemi dibandingkan periode sebelumnya.

Perkembangan signifikan ini tentu harus diimbangi dengan pertumbuhan jumlah talenta digital yang berkualitas. Saat ini, Gilang memimpin 21 engineer yang dikhususkan untuk mengembangkan Mitra Tokopedia.

Gilang di sisi lain membocorkan beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang engineer, “Bahasa pemrograman sudah pasti menjadi kemampuan teknis yang harus dimiliki, namun masih banyak keterampilan lain yang sebaiknya dikuasai seorang engineer.” 

"Kemampuan komunikasi yang baik, misalnya, untuk mempermudah proses kolaborasi dengan seluruh stakeholder. Seorang engineer juga harus memiliki product sense terkait dengan fitur yang sedang dibutuhkan masyarakat," lanjut Gilang.

Lebih jauh lagi, untuk menjadi pemimpin, seorang engineer menurut Gilang harus memiliki kemampuan manajerial, serta kepemimpinan yang baik.

BACA SELANJUTNYA

Cara Membayar SPT Kurang Bayar lewat Fitur Pajak Online di Tokopedia