Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 08 September 2020 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak kejadian unik yang ditemukan netizen dari persoalan belanja online. Seperti temuan satu ini, baskom plastik yang menggunakan bahasa Inggris dijual dengan harga lebih tinggi.

Penamaan sebuah barang saat berjualan adalah salah satu hal yang penting bagi penjual dan pembeli. Bahkan untuk mereka yang belanja online.

Seperti temuan netizen ini yang mendapati harga pada barang yang menggunakan bahasa asing, dibandingkan dengan yang berbahasa Indonesia, seperti baskom plastik yang ditemukan netizen di situs belanja online.

Dibagikan oleh akun Twitter @akhibaka pada 2 September, pemilik akun mengunggah dua gambar tangkapan layar produk serupa dari dua toko online yang berbeda.

Produk yang dijual kedua toko itu serupa, yaitu kotak atau baskom plastik berwarna abu-abu dengan bentuk yang sama persis.

Namun, toko pertama menulis nama barang pada kolom judul produk "Baskom Plastik / Baskom Kotak / Bak Segi Silver Komet Star 301", sedangkan toko kedua menulisnya sebagai "Cat Litter Box Kotak Bak Pasir Kucing Tempat Pup Kucing Besar".

Perbedaan nama keduanya ini pun juga mempengaruhi harga yang dibanderol oleh penjual. Pada gambar pertama, baskom plastik itu dijual dengan harga Rp 7.000.

Postingan netizen jualan online pakai bahasa Inggris pengaruhnya wow. [Twitter]

Tapi pada gambar kedua yang menggunakan bahasa Inggris dan mengkhususkan produk sebagai bak pasir kucing, penjual menetapkan harga Rp 22.000. Perbedaan harga kedua produk yang serupa itu tiga kali lipat.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 9.000 kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar.

Penggunaan bahasa Inggris dan perbedaan harga kedua produk ini menjadi sorotan netizen hingga viral di media sosial.

Meski begitu, menurut pemilik akun, perbedaan harga itu dipengaruhi oleh cara pembeli mencari barang melalui kata kunci.

"Baskom plastik yang nyari macam-macam orang, akan banyak pilihan dan mungkin lebih pada selektif. Kalau nyarinya cat litter box udah spesifik mau buat kucingnya doang, jadi pilihan lebih sedikit dan calon pembeli lebih rela bayar lebih mahal," tulis pemilik akun @akhibaka.

"Maka dari itu, inilah pentingnya membidik target market sebelum mulai berjualan. Yang kiri, yang dicari baskom, orang akan memfilter baskom mana yang paling murah atau terjual paling banyak. Yang kanan, yang dicari kebutuhan untuk kucingnya, target marketnya mengecil, pesaing dikit, bebas up harga," tambah

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan