Selasa, 16 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 08 September 2020 | 19:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hampir di sebagian besar platform media sosial, seperti Facebook, Twitter dan Instagram terdapat fitur pemutaran video otomatis

Fitur ini memungkinkan pengguna melihat video yang terputar secara otomatis, setelah memuat halaman atau saat pengguna menggulir halaman utama dan terdapat video. 

Meski terdengar menyenangkan, bagi sebagian pengguna mungkin fitur pemutaran video otomatis bisa sangat menganggu. Video putar otomatis juga berpotensi berbahaya, membuat pengguna terpapar konten kekerasan, menyinggung, atau konten yang tidak ingin dilihat pengguna secara default.

Namun, pengguna dapat menonaktifkan fitur tersebut di Facebook. Dilansir dari The Verge, Selasa (8/9/2020), berikut cara menonaktifkan pemutaran video otomatis di Facebook:

1. Cara menonaktifkan pemutaran video otomatis Facebook melalui browser

Ilustrasi Facebook. [Kon Karampelas/Unsplash]

Jika menggunakan Facebook di browser, buka menu drop-down di kanan atas halaman > pilih Settings & Privacy > Settings. Cari opsi Video di sebelah kiri. Di dalam opsi tersebut terdapat toggle yang dapat menonaktifkan pemutaran video otomatis.

Aktifkan toggle tersebut dan fitur ini akan dinonaktifkan. Sekarang Anda tidak akan lagi melihat video yang terputar otomatis di platform Facebook.

2. Cara menonaktifkan pemutaran video otomatis Facebook melalui Android

Facebook juga memiliki opsi serupa bagi mereka yang menggunakan Facebook di Android. Klik tombol menu di bagian bawah layar. Setelahnya, ketuk Settings & Privacy > Settings.

Gulir ke bawah hingga menemukan opsi Media and Contacts > pilih Videos and Photos. Terakhir, setelah menemukan opsi Autoplay, Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut.

3. Cara menonaktifkan pemutaran video otomatis Facebook melalui iOS

Bagi pengguna Facebook di iOS, cara menonaktifkan pemutaran video otomatis pun tak jauh berbeda dari yang menggunakan Android. Cukup klik tombol menu di kanan atas layar. Setelahnya, gulir ke bawah dan pilih Settings & Privacy > Settings.

Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]

Gulir ke bawah hingga menemukan opsi Media dan Contacts dan ketuk pada opsi tersebut. Kemudian, pilih menu Autoplay dan setel pengaturan ke opsi Never Autoplay Videos.

Cara di atas bisa diterapkan pengguna Facebook melalui browser maupun aplikasi seluler, selamat mencoba. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

4 Hal Ini Sebaiknya Tidak Kamu Bagikan di Media Sosial