Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 25 September 2020 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Salah satu situs yang digunakan pengguna untuk menelusuri jutaan entri ensiklopedia bersumber dari Wikipedia hampir 20 tahun. 

Situs ini diakses jutaan pengguna menggunakan beragam perangkat seperti komputer, tablet dan HP. 

Sekarang, tampilan keseluruhan Wikipedia di dekstop mengalami perubahan untuk pertama kalinya dalam satu dekade untuk membuat situs menjadi lebih mudah digunakan oleh pengguna baru.

Pengguna dapat menelusuri semua fitur baru yang diusulkan dalam posting MediaWiki dan ada beberapa GIF animasi untuk menunjukkan seperti apa tampilannya.

Sidebar yang bisa dilipat akan menjadi perubahan pertama yang diluncurkan. Ini akan memungkinkan pengguna untuk menciutkan menu di sisi kiri setiap halaman dan berfungsi untuk meminimalkan gangguan dan membatasi konten serta link yang tidak relevan di kiri layar.

Ilustrasi Wikipedia (Shutterstock).

Dilansir dari The Verge pada Kamis (24/9/2020), situs ini juga akan menambahkan tombol sekali klik yang mudah untuk mengganti bahasa halaman yang dipakai pengguna.

Wikipedia juga akan menambahkan perbaikan pada alat pencarian dalam situs untuk mempermudah menemukan halaman lain, dan akan mengkonfigurasi ulang logo agar lebih kecil di setiap halaman Wikipedia.

Wikipedia Foundation, perusahaan induk situs ini mengumumkan dalam postingan blog resmi bahwa perubahan akan terjadi secara bertahap dalam jangka waktu yang lama. Ini memungkinkan pengguna untuk menguji fitur baru sebelum diluncurkan secara resmi.

Wikipedia berencana untuk mendesain ulang seluruh tampilan versi dekstop pada akhir 2021.

Tetapi tak disebutkan desain terbarunya ini ditujukan untuk versi tampilan seluler atau yang lain. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

2 Cara Membuat Kolase Foto di Laptop, Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan