Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 25 September 2020 | 07:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar foto yang mengklaim sosok Megawati tengah pidato di podium berlogo palu arit. Dalam potret tersebut juga ada Jokowi yang mendampingi.

Nampak Jokowi sedang berdiri di belakang Megawati mengenakan seragam hitam dengan baret bewarna merah.

Foto ini dibagikan oleh pemilik akun Facebook Irfan Kalangkangkong dalam sebuah grup bernama MANUSIA MERDEKA.

Berikut adalah narasi yang ditulis Irfan Kalangkangkong:

"Oalah ternyata PKI toh."

Cek Fakta Foto Megawati Pidato di Podium Gambar Palu Arit Didampingi Jokowi (Turnbackhoax.id).

Lantas benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan suara.com, klaim atas foto Megawati tengah pidato di podium berlogo palu arit dan didampingi oleh Jokowi adalah klaim yang salah.

Foto tersebut ternyata merupakan hasil editan. Faktanya, pada foto asli, di podium tersebut tertera logo Satgas PDIP Cakra Buana bergambar matahari putih dengan simbol banteng di tengahnya.

Foto asli diambil saat Megawati yang kala itu didampingi Jokowi tengah berpidato pada apel peringatan Hari Pancasila pada 1 Juni 2013. Kala itu, Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Megawati Soekarno Putri didampingi Jokowi yang juga kader partai PDIP waktu itu memimpin Apel Siaga Peringatan Hari Lahir Pancasila di Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu 1 Juni 2013.

Dalam acara tersebut juga dilangsungkan pengukuhan satgas PDIP Cakra Buana. Adapun peserta yang hadir adalah seluruh anggota PDIP dari berbagai kota di Indonesia.

Cek Fakta Foto Megawati Pidato di Podium Gambar Palu Arit Didampingi Jokowi (Turnbackhoax.id).

Kesimpulan

Berdarkan berbagai fakta yang ditemukan, klaim atas foto Megawati tengah pidato di podium berlogo palu arit dan didampingi oleh Jokowi adalah klaim yang salah.

Hasil cek fakta pada foto Megawati pidato dengan podium berloto palu arit didampingi Jokowi tersebut adalah salah dan masuk dalam kategori Konten yang Dimanipulasi. (Suara.com/ Hernawan).

BACA SELANJUTNYA

Mimpi SBY Tuai Kehebohan di Media Sosial, Begini Tanggapan Jokowi