Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 26 September 2020 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Media sosial Instagram tampaknya memiliki bug yang sangat buruk, bug ini ditemukan ketika peneliti keamanan siber di Check Point Security menemukan bahwa bug ini memungkinkan peretas untuk mengambil alih ponsel korban.

Bug instagram ini tidak hanya merusak Instagram kamu saja, namun juga ponsel yang terkena bug.

Dilansir dari laman Ubergizmo, untungnya Instagram telah menambal kerentanan bug tersebut jika pengguna menjalankan versi terbaru Instagram.

Kabar baiknya adalah serangan ini akan agak sulit dilakukan, hal ini karena peretas perlu mengirimkan gambar yang dimuat dengan kode berbahaya kepada korban.

Ilustrasi Instagram. (unsplash/Jakob Owens)

Korban kemudian perlu membuka akun Instagram mereka dan mengunggah foto tersebut.

Langkah yang cukup sulit ini merupakan proses yang harus diselesaikan agar peretasan berfungsi dan dapat merusak Instagram serta ponsel korban.

Idenya adalah bahwa aplikasi seperti Instagram meminta izin pengguna ke fitur tertentu pada ponsel, dan dengan mengeksploitasi bug ini, kode dalam gambar akann mendukung kerusakan.

Pernyataan yang dibuat Business Insider, penelitian dunia maya Check Point Yaniv Balmas mengatakan ''Orang perlu meluangkan waktu untuk mengatur seiap izin yang dimiliki aplikasi di perangkat pengguna. Pesan aplikasi meminta izin ini mungkin mengganggu dan mudah untuk hanya mengklik dan melupakannya. Namun dalam praktiknya, ini adalah salah satu garis pertahanan terkuat yang dimiliki setiap orang terhadap serangan dunia maya seluler. ''

Hingga kini media sosial Instagram belum juga mencatat bahwa hingga saat ini, tidak ada laporan atau contoh di mana peretas berhasil dieksploitasi.

BACA SELANJUTNYA

Duh Ponsel Mewah Microsoft Ngadat Berjamaah karena Bug pada Update