Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 03 Oktober 2020 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Melalui program “XL Axiata Bersama Bangun Negeri” (Berbagi), karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menyalurkan donasi pendidikan ke berbagai pelosok Tanah Air. Salah satunya ke sebuah sekolah di Nusa Tenggara Timur.

Donasi disalurkan kepada SMA Negeri Lurasik, Desa Boronubaen, Kecamatan Biboki Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Panti Asuhan Yayasan Regina Angelorum Tenubot, Atambua, Kabupaten Belu. Hadir dalam kegiatan sosial yang berlangsung Kamis (1/10) ini antara lain Head Of Sales area Nusa Tenggara Timur, Arief Indra, dan Territory Sales Manager XL Axiata area Atambua, Andi Baharuddin.

Chief Human Capital Officer XL Axiata, Rudy Afandi mengatakan. ”Bekerja di perusahaan yang berbasis teknologi, rata-rata karyawan XL Axiata memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keahlian di bidang teknologi digital yang bisa dibagikan kepada para pelajar karena memang sangat bermanfaat bagi mereka. Misalnya, bagaimana memanfaatkan sosial media secara positif, bagaimana memanfaatkan internet untuk mendukung prestasi mereka, hingga cara membuat foto yang bagus dengan smartphone biasa, dan masih banyak lagi. Untuk itulah program Berbagi ini kami selenggarakan sepanjang tahun.”

Menurut Rudy, program yang rutin dilaksanakan setiap tahun di berbagai daerah di Indonesia ini merupakan wujud kepedulian karyawan XL Axiata pada kemajuan dunia pendidikan. Pada program ini karyawan mendapatkan kesempatan untuk turut terlibat secara aktif mentransfer pengetahuan dan keahliannya.

Gelar Program “Bersama Bangun Negeri” Karyawan XL Axiata Salurkan Donasi Pendidikan. (XL Axiata)

Meskipun dalam situasi pandemi, XL Axiata tetap berusaha melaksanakan program sosial ini dengan sejumlah penyesuaian pada protokol kesehatan. Pandemi justru menegaskan pihaknya untuk mencari cara alternatif agar program ini tetap bisa dijalankan mengingat manfaat yang bisa diberikan kepada para pelajar di sekolah sasaran.

Sementara itu Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit, yang memimpin wilayah kerja di area Indonesia Timur, menyebut Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan penggunaan data yang cukup tinggi. Masyarakat NTT, termasuk anak-anak muda dan pelajar memiliki antusiasme yang besar untuk bisa memanfaatkan layanan internet dan digital. Untuk itu, XL Axiata juga sering menyelenggarakan event yang bertujuan untuk memfasilitasi generasi muda agar bisa menyalurkan minat mereka pada teknologi digital.

“Acara-acara seperti ini memang dibutuhkan di NTT, di mana anak-anak muda, termasuk para pelajar sekolah, juga haus terhadap keahlian-keahlian yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi digital. Kami berharap, pengetahuan yang dibagikan para karyawan XL Axiata akan menyadarkan para pelajar untuk lebih memanfaatkan sarana digital secara positif dan produktif, sekaligus menghindari dampak negatifnya,” sambung Bambang.

Karena pandemi, kegiatan seperti transfer pengetahuan mengenai berbagai keahlian yang diperlukan para pelajar memang tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Materi-materi yang akan diberikan untuk para siswa SMA Negeri Lurasik terkait dengan sejumlah ketrampilan atau keahlian yang diperlukan para pelajar di era digital yang akan bisa bermanfaat bagi mereka saat ini atau mendatang.

Untuk itu, agenda ini dilakukan secara daring dengan fasilitas video conference. Beberapa materi yang akan diberikan oleh para karyawan XL Axiata antara lain mengenai public speaking, internet sehat, cara mudah membuat website, bagaimana membuat konten foto yang bagus di media sosial, dan internet of things (IoT).

Selain materi pengetahuan, kegiatan lainnya berupa penyerahan donasi fasilitas laptop dan fasilitas air bersih kepada SMA Negeri Lurasik. Laptop tersebut bisa dimanfaatkan para siswa dan guru untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar. Fasilitas air bersih tersebut bisa dimanfaatkan oleh sekolah ataupun masyarakat sekitar. Ada sebanyak 200 paket internet yang dibagikan kepada para siswa dan guru. Masing-masing kartu SIM sudah dibekali kuota sebesar 30GB yang bisa mereka manfaatkan selama dua bulan. Sementara itu, untuk router diberikan kuota gratis sebesar 20GB setiap bulan selama 1 tahun.

Untuk Panti Asuhan Yayasan Regina Angelorum Tenubot, Atambua yang menampung 30 anak diberikan donasi berupa uang tunai senilai 3 juta rupiah. Donasi tersebut berasal dari program sosial perusahaan.

Jaringan data 4G XL Axiata hadir di Provinsi Nusa Tenggara Timur sejak 2018 dan kini telah hadir di 22 kota/kabupaten. Saat ini, infrastruktur jaringan XL Axiata di Nusa Tenggara Timur didukung lebih dari 1.200 BTS, termasuk lebih dari 900 BTS diantaranya 3G dan 4G. XL Axiata juga memiliki lebih dari 50 BTS USO di provinsi ini, antara lain di Kab. Alor, Kab. Ende, Kab. Kupang, Kab. Lembata, Kab. Malaka, Kab. Manggarai Timur, Kab. Sabu Raijua, Kab. Sumba Tengah.

BACA SELANJUTNYA

Kurangi Konsumsi Energi dan Tingkat Emisi, XL Axiata Terapkan Green BTS