Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 08 Oktober 2020 | 17:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada hari ini (08/10/2020), Gojek mengadakan acara virtual "Peluncuran Program Beasiswa Gojek Jateng DIY". Acara tersebut digunakan sebagai diskusi serta pengumuman deretan keluarga mitra driver Gojek yang sudah mendapatkan beasiswa.

Ridzky Novasandro selaku District Head Gojek Yogyakarta & Semarang mengungkapkan bahwa saat ini Gojek sudah 10 tahun mengaspal di Indonesia.

Sebagai apresiasi kepada mitra, mereka memberikan beasiswa kepada putra putri mitra driver ojol terpilih di seluruh Indonesia. Pada acara kali ini, terdapat 10 anak dari mitra driver ojol yang sudah mendapatkan beasiswa dari Gojek.

Tak hanya jenjang diploma 3 (D3) atau strata satu (satu), namun terdapat mitra Gojek yang bahkan mendapatkan beasiswa strata 2 (S2).

Pendaftaran beasiswa Gojek ini sudah dibuka pada Maret 2020 dengan pengumuman akhir pada Agustus lalu. Sebanyak lebih dari 5.000 pelamar mengajukan beasiswa, sementara Gojek memilih 10 keluarga mitra untuk diberikan beasiswa pada tahun ajaran 2020-2023.

Daftar penerima beasiswa dari Gojek. (Gojek)

Gojek bekerja sama dengan tujuh politeknik di seluruh Indonesia serta Universitas Mahakarya Asia di Yogyakarta dalam membina putra-putri mitra untuk menggapai cita-cita mereka. Tak hanya anak dari mitra, namun terdapat beberapa mitra yang melanjutkan kuliah.

Salah satu penerima beasiswa merupakan Leony Sondang Suryani, mitra ojol wanita ini mendapatkan beasiswa S2 Magister Hukum di Universitas Diponegoro.

Sebagai informasi, sebelumnya Leony mengenyam pendidikan S1 Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dan juga menjadi mitra driver Gojek di sela-sela waktu kuliah.

Pembicara pada acara Peluncuran Program Beasiswa Gojek Jateng DIY. (Gojek)

"Beasiswa Gojek merupakan bentuk apresiasi dari Gojek kepada mitra driver yang telah menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan kejujuran selama 10 tahun Gojek mengaspal. Pemberian beasiswa ini sekaligus merupakan bagian dari program Gojek Swadaya yang ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga mitra driver," kata Ridzky Novasandro selaku District Head Gojek Semarang dan Yogyakarta.

Setelah proses pendaftaran, baik mitra driver maupun putra atau putrinya harus melewati seleksi ketat yang dilakukan internal Gojek sebelum kemudian dilanjutkan ke seleksi politeknik.

Salah satu penerima beasiswa program ini adalah Fadhila Setianingrum, putri dari Istiyanto Mitra Driver GoRide Semarang. Drs. Budi Prasetya, M.Si. selaku Wakil Direktur Bidang Perencanaan dan Kerjasama Politeknik Negeri Semarang menyampaikan antusiasmenya terhadap program dari Gojek.

“Kami menyambut baik program Beasiswa Gojek ini sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang siap kerja. Sudah menjadi fokus politeknik untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang lengkap, baik dari segi teori maupun praktik, sehingga tenaga kerja lulusan politeknik dikenal cepat diserap oleh industri," kata Drs. Budi Prasetya, M.Si. selaku Wakil Direktur Bidang Perencanaan dan Kerjasama Politeknik Negeri Semarang.

Gojek Perluas Program Beasiswa di Jawa Tengah dan Yogyakarta

Ferro Ferizka Aryananda dari Universitas Mahakarya Asia. (Gojek Zoom Conference)

Tak hanya berkolaborasi dengan Politeknik Negeri di beberapa kota termasuk Semarang, Gojek memperluas kesempatan melanjutkan jenjang pendidikan bagi para mitra dan putra/putrinya di perguruan tinggi.

Gojek memfasilitasi lebih dari 500 Mitra Driver Gojek di DI Yogyakarta untuk mendapatkan beasiswa pendidikan program S1 dari Universitas Mahakarya Asia di Yogyakarta.

Tiga mitra dan tujuh anak Mitra Driver Gojek akhirnya lolos seleksi program ini dan telah resmi menyandang predikat mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia sejak September 2020.

Nur Laila Murtafiqoh penerima beasiswa S1 Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia yang Ayahnya merupakan salah satu mitra driver di Yogyakarta, juga mengekspresikan rasa antusiasnya.

Penerima beasiswa dari Gojek yang diterima di Universitas Mahakarya Asia, Yogyakarta. (Gojek)

"Ketika saya dikabarkan lolos seleksi wawancara dan bisa mendapatkan beasiswa penuh dari Universitas Mahakarya Asia membuat saya sangat bersyukur, dengan minat saya yang sangat tinggi terhadap ilmu manajemen bisnis atau kewirausahaan saya yakin ilmu ini akan menjadi bekal penting di kemudian hari," kata Nur Laila Murtafiqoh.

Ferro Ferizka Aryananda, S.T., M.Sc , MBA selaku Rektor Universitas Mahakarya Asia menngungkapkan respon positif dari program yang bekerja sama dengan Gojek.

"Kami membuka pintu terhadap niat positif Gojek untuk menjaring mitra maupun anak-anak mitra yang berprestasi untuk melanjutkan studinya di bidang kewirausahaan. Selain memberikan beasiswa penuh kepada 10 kandidat terpilih, kami juga membuka kesempatan bagi mitra Gojek dan anak mitra Gojek di Yogyakarta untuk terus melanjutkan pendidikannya dengan program beasiswa parsial," kata Ferro.

Pada diskusi kali ini, Gojek berharap agar mendapatkan banyak doa sehingga program pemberian beasiswa tersebut masih tetap berjalan di tahun depan.

BACA SELANJUTNYA

Gojek Luncurkan Jaket Baru, Berharap Bisa Memperkuat Semangat Gotong Royong