Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 21 Oktober 2020 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mungkin kamu tidak asing dengan aplikasi Zoom yang banyak digunakan untuk rapat online hingga belajar online. Namun layanan video konverensi ini cukup rawan dalam hal keamanan. Cara paling terbaik untuk menjangan adalah mengubah password Zoom kamu dengan baik.

Namun bagaimana cara mengubah password Zoom dengan mudah untuk menjaga keamanan selama rapat online maupun pertemuan?

Zoom sekarang telah mengaktifkan password secara default, tetapi pengguna dapat masuk dan mengubah kata sandi sebelum memulai pertemuan melalui aplikasi Zoom. 

Dilansir dari Android Central, Selasa (20/10/2020), berikut cara mengubah password Zoom sesuai keinginan pengguna:

1. Cara menambah atau mengubah password di Zoom melalui komputer

Aplikasi Zoom. [Shutterstock]

Zoom memiliki beberapa opsi bawaan untuk administrator jaringan dan departemen IT perusahaan, yang digunakan untuk mengunci pertemuan dan panggilan bagi pengguna di akun berbayar dan perusahaan.

Namun, bagi pengguna yang tidak memiliki akun berbayar pun ada cara untuk tetap melindungi pertemuan Zoom dengan kata sandi.

Buka aplikasi Zoom di komputer pengguna dan klik ikon Schedule di sudut kiri bawah. Perhatikan bagian Password telah diperiksa sebelumnya dan diisi dengan password. Pengguna dapat menggunakan kata sandi tersebut atau mengubahnya menjadi apa pun yang diinginkan.

Untuk mengubah password Zoom, pengguna dapat memasukkan kata sandi baru di kotak teks di sebelah kotak yang bercentang dengan tulisan Require Meeting Password. Kemudian jadwalkan dan kirimkan undangan rapat pengguna dengan mengklik tombol Schedule berwarna biru.

2. Cara menambah atau mengubah password di Zoom melalui Aplikasi HP

Aplikasi Zoom. [Shutterstock]

Untuk menambah atau mengubah password di Zoom melalui aplikasi di ponsel, buka aplikasi Zoom > ketuk tombol Schedule berwarna biru > kemudian gulir ke bawah ke menu Password > ketuk pada bidang kata sandi yang sudah diisi sebelumnya.

Kemudian ketik di bidang tersebut untuk mengubah kata sandi sesuai keinginan pengguna > klik Done untuk menjadwalkan dan mengirimkan undangan pertemuan.

Dalam kebanyakan kasus, kata sandi yang telah diisi sebelumnya oleh Zoom seharusnya memiliki tingkat keamanan yang baik. Namun, jika pengguna tetap ingin membuat password sendiri dalam pertemuan Zoom, pastikan untuk menggunakan kombinasi kata sandi yang unik dan rumit.

Itulah cara mengubah password Zoom baik lewat komputer maupun aplikasi di HP. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Cara Merekam Video Zoom, Bisa Tanpa Aplikasi Tambahan