Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 23 Oktober 2020 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Panggilan video atau video call jadi salah satu fitur populer yang ada di aplikasi WhatsApp. Namun bisakah fitur ini diakses lewat web? Tentu bisa, berikut ini cara video call WhatsApp Web.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kegiatan tatap muka yang mengundang banyak orang memang sangat tidak dianjurkan. Dan video call jadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

Namun, dengan adanya fitur video call, kegiatan belajar mengajar, rapat, serta hal serupa lainnya tetap dapat dilakukan. Termasuk menggunakan video call WhatsApp.

Hal tersebut pun membuat para perusahaan yang menyediakan jasa dan layanan digital berlomba-lomba dalam memberikan fitur dan akses yang terbaik untuk seluruh masyarakat.

Perkembangan terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat di situasi seperti sekarang ini.

Whatsapp, sebagai salah satu aplikasi messenger yang terbesar di dunia juga tidak ingin ketinggalan.

Aplikasi yang terkenal dengan fitur pesan dan telepon berbasis internet ini terus mengembangkan fitur yang sedang marak digunakan sebagian besar masyarakat, yaitu video call.

Awalnya, Whatsapp hanya memberikan kapasitas untuk empat orang dalam sebuah ruang video call. Hingga pada Juni lalu, Whatsapp mengabarkan bahwa kapasitasnya ditambah menjadi delapan orang. Sangat menarik, bukan?

Ilustrasi WhatsApp di sebuah ponsel dan laptop. [Shutterstock]

Tidak hanya di smartphone saja, Whatsapp juga terus mengembangkan bentuk Web atau Desktop-nya. Whatsapp Web merupakan Whatsapp yang dapat diakses melalui web browser, sedangkan Whatsapp Dekstop adalah Whatsapp yang diakses melalui aplikasi yang sebelumnya sudah diunduh di laptop atau komputer.

Walaupun tidak memiliki fitur video call secara langsung, namun Whatsapp Web/Desktop tetap dapat melakukan video call via Messenger Rooms. Penasaran bagaimana caranya?

Cara Video Call Whatsapp Web

Dilansir dari laman resmi Whatsapp, berikut ini adalah langkah video call di Whatsapp Web atau Desktop via Messenger Rooms:

  • Pertama, buka aplikasi Whatsapp di laptop/komputer, atau akses laman Whatsapp di web browser.
  • Lalu klik opsi Attach atau yang memiliki gambar atau ikon klip. Opsi Attach tersebut berada di deretan atas sebelah kanan.
  • Setelah klik opsi tersebut, kemudian pilih opsi Room atau yang memiliki gambar atau ikon kamera video. Opsi Room tersebut berada di urutan terakhir.
  • Setelah itu, maka akan ada tampilan yang muncul, dan silahkan klik Continue in Messenger.

Lalu Anda akan dipindahkan secara otomatis ke laman Forum Messenger. Setelah itu, Anda diminta untuk mengisi username dan sandi dari akun Facebook atau Messenger pribadi Anda. Jika Anda belum memiliki akun Facebook atau Messenger, maka silahkan mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Setelah semua langkah di atas selesai, Anda sudah bisa membuat sebuah ruang video call melalui Messenger Rooms.

Itulah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan video call Whatsapp Web yang perlu dipahami. Anda juga dapat menyebarkan link video call tersebut dengan cara menyalin alamat link dan menyebarkannya melalui Whatsapp Chat.

Itulah cara video call WhatsApp web yang mudah dan praktis. Silahkan mencoba! (Kontributor Suara.com/ Rishna Maulina Pratama).

BACA SELANJUTNYA

Fitur Baru WhatsApp: Bisa Bisukan Penelepon Tidak Dikenal dan Pemeriksaan Privasi