Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 25 Oktober 2020 | 11:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pimpinan Samsung Group Lee Kun Hee meninggal dunia hari ini Minggu (25/10/2020) di usia 78 tahun. Sosok yang telah merajai salah satu bisnis terbesar di dunia ini tutup usia menurut salah satu kantor berita terkemuka di Korea Selatan, Yonhap.

Sejarah dan kisah Samsung sendiri sangat dikenal di negeri asalnya, Korea Selatan yang dijuluki sebagai ''Republik Samsung''.

Lee Kun Hee sendiri merupakan putra pendiri Samsung Lee Byung Chul yang berkuasa pada akhir 1980-an tepat ketika Korea Selatan beralih kepemimpinan demokrasi.

Samsung mempelopori ide sejumlah bidang elektronik, termasuk semikonduktor, chip memori, layar hingga komponen lain yang menjadi bahan baku perangkat digitial saat ini.

Logo Samsung. (Samsung Newsroom)

Saat itu bos Samsung Lee Kun Hee berhasil mengatasi masalah ekonomi yang menantang di tahun 1990-an, termasuk krisis keuangan Asia tahun 1998 yang hampir meruntuhkan ekonomi Korea Selatan.

Lee Kun Hee paling dikenal saat membangun lini smartphone Galaxy milik konglomerat yang mengembangkan merek Samsung menjadi merek konsumen di seluruh dunia.

Dilansir dari laman TechCrunch, Samsung Electronics merupakan salah satu dari jaring laba-laba perusahaan Samsung yang menjadikan perusahaan ini paling berharga di dunia.

Dilaporkan sebelum meninggal, Lee Kun Hee memiliki riwayat penyakit jantung sejak 2014. Rumor mengenai kondisinya saat itu telah menyebar sejak enam tahun lalu.

Menurut laporan Bloomberg, bos Samsung Lee Kun Hee yang dinobatkan sebagai oraang terkaya di Korea Selatan meninggalkan kekayaan sekitar 20 miliar dolar US atau sekitar Rp 294 triliun serta meninggalkan istri dan empat anaknya.

BACA SELANJUTNYA

Kembali Produktif Usai Liburan dengan Samsung Galaxy A55 5G, Cek Bagaimana Caranya