Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 26 Oktober 2020 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah postingan di media sosial beredar dengan narasi yang mengklaim kalau pendaftar baru Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan bahan bakar gratis sebesar Rp 600 ribu.

Namun dalam postingan ini juga diklaim kalau pendaftaran Kartu Prakerja tersebut harus dilakukan melalui alamat website khusus agar bisa mendapatkan hadiah.

Narasi tersebut beredar melalui pesan jejaring WhatsApp. Berikut isi narasinya:

"Rencana pengalaman pengisian bahan bakar
Kami mengundang Anda untuk merasakan pengalaman terbaik dari bahan bakar kelas dunia kami di SPBU Shell terdekat.
Selama program ini, Anda bisa mendapatkan kualifikasi pengalaman kartu gas 600.000 rupiah


Langkah untuk mendaftar Prakerja

- Kunjungi situs web di bawah ini
- Isi formulir data diri
- Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp
- Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

https://hxhb.vip/j/."

Benarkah klaim daftar kartu prakerja dapat bantuan bahan bakar gratis tersebut?

Daftar Kartu Prakerja dapat bantuan bahan bakar dari Shell (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Dari penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Minggu (25/10/2020), klaim yang menyebut pendaftar baru Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan bahan bakar sebesar Rp 600 ribu adalah klaim yang salah.

Dikutip dari Liputan6.com, pihak PT Shell Indonesia telah membantah klaim tersebut dan menegaskan klaim tersebut adalah hoaks.

PT Shell Indonesia menegaskan tidak memiliki program pemberian kartu bahan bakar yang dikaitkan dengan program kartu Prakerja.

Daftar Kartu Prakerja dapat bantuan bahan bakar dari Shell (Turnbackhoax.id)

PT Shell Indonesia mengimbau agar masyarakat berhati-hati dengan modus penipuan penawaran pendaftaran program Kartu Prakerja dengan iming-iming pemberian kartu bahan bakar Shell dengan nominal tertentu.

Kartu Prakerja sendiri fokus pada pemberian insentif dan pelatihan terhadap masyarakat yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja namun ingin meningkatkan kapabilitas.

Program unggulan Presiden Joko Widodo tersebut telah bekerja sama dengan delapan mitra resmi yakni Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, Sekolahmu, serta Sistem Informasi Ketenaga Kerjaan (Sisnaker) Kementerian Tenaga Kerja.

Kesimpulan

Dari penjelasan cek fakta di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut pendaftar baru Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan bahan bakar sebesar Rp 600 ribu adalah klaim hoaks.

Klaim daftar kartu prakerja mendapatkan bantuan bahan bakar gratis tersebut masuk dalam kategori fabricated content. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia akan Luncurkan N73 Reborn? Atau Cuma HP Hoaks?