Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 29 Oktober 2020 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Surat Izin Mengemudi atau SIM jadi syarat wajib untuk dimiliki dan dibawa pengendara kendaraan bermotor. Namun siapa sangka, kalau dulu kusir dokar juga harus memilikinuya.

Tidak hanya kendaraan bermotor, kusir dokar dulu juga diwajibkan untuk memiliki SIM. Begitu juga beberapa kendaraan tidak bermotor lainnya.

Seperti yang bisa dilihat dari unggahan SIM jadul tersebut viral di media sosial baru-baru ini. Yakni beredarnya foto SIM kusir dokar atau delman.

Foto itu dibagikan oleh akun Twitter @HoldenKlasik pada 20 Oktober 2020 lalu. Terlihat penampakan kertas berwarna biru mirip kartu identitas.

Kartu jadul itu bertuliskan 'S.I.M DOKAR' dan menampilkan foto seorang pria yang diduga pengemudi dokar.

Selain itu, tertera nomor dan masa berlaku SIM. Namun uniknya tidak mencatumkan nama kusir dokar, hanya tanda tangannya saja.

Sang pengungah foto menerangkan kalau SIM dokar tersebut keluaran tahun 1980-an. SIM tersebut diperuntukkan untuk kusir di Kota Malang, Jawa Timur.

Foto SIM kusir dokar tahun 1980an.(Twitter/@holdenklasik)

Sang kusir diterangkan wajib menempelkan SIM tersebut di dokarnya sebagai tanda pengenal.

"SIM Dokar tahun 80-an di Kota Malang masih byk dokar (kereta kuda) beroperasi. Ternyata ada SIM khusus untuk kusir dokar saat itu. Uniknya, SIM Dokar tidak mencantumkan nama kusir, hanya foto & tandatangan saja. Kusir harus menempelkan SIM pada dokarnya untuk pengenal," tulis @HoldenKlasik seperti dikutip SuaraBali.id, (29/10/2020).

Sontak penampakan SIM kusir dokar jadul tersebut menyita perhatian netizen lainnya. Tak sedikit yang memberikan komentar kocak.

"Tampilannya kayak kartu ujian ebtanas, mbah.." kata @ekse***.

"Arsip negara ini mbah," timpal @ard**.

Foto SIM kusir dokar tahun 1980an.(Twitter/@holdenklasik)

Sementara netizen lain mengatakan kalau zaman dahulu tak hanya sopir dokar yang memiliki SIM tapi juga pengemudi lainnya.

"Jangankan SIM. Jaman dulu becak pun ada plat nomornya jadi ke data jelas. Sekarang? Bentor aja gak jelas peraturan dllnya (Surabaya)," celetuk @abcd***.

Itulah penampakan potret jadul SIM Dokar yang viral di media sosial usai bikin heboh netizen. (SuaraBali.id/ Husna Rahmayunita).

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini