Sabtu, 16 Januari 2021
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 05 November 2020 | 21:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, kembali menggelar ajang tahunan penghargaan Mitra Juara Gojek 2020 (MJG 2020) sebagai apresiasi kepada para mitra yang menginspirasi dan membawa kebaikan bagi diri mereka dan komunitas. Ini adalah tahun ke-3 ajang penghargaan ini diadakan.

Ajang MJG 2020 kali ini istimewa, karena Gojek tidak hanya memberikan apresiasi bagi mitra di Indonesia tetapi juga mitra wilayah operasional Gojek lainnya, yakni Thailand, Vietnam, dan Singapura. Hal ini sejalan dengan penyatuan brand Gojek di seluruh wilayah operasional perusahaan di empat negara di Asia Tenggara tersebut.

Sejumlah  Mitra Gojek di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta turut meraih apresiasi MJG 2020, antara lain Mitra Roda Dua Muhammad Taufik asal Bantul Yogyakarta dan Mitra Usaha GoFood Ayline Christianto, pemilik Palm Ethnic Resto asal Solo Jawa Tengah. Mereka berhasil meraih posisi kedua MJG 2020.

Mensyukuri hari jadi Gojek ke-10 tahun ini, Gojek Region Central West Java menggelar acara syukuran sederhana, sebagai wujud apresiasi kepada para mitra, dan juga melakukan bakti sosial kepada ratusan anak-anak yatim piatu di beberapa panti asuhan yang tersebar di Semarang, Solo dan Yogyakarta. Acara diselenggarakan dengan mengedepankan protokol kesehatan dan dihadiri oleh perwakilan mitra.

Muhammad Taufik (kiri) Mitra Gojek asal Bantul mendaftarkan puluhan usaha masyarakat. (Gojek)

 

Sebelum menjadi mitra Gojek, Muhammad Taufik yang bekerja di Kota Yogyakarta melihat kegiatan usaha yang sudah maju di kota tersebut. Taufik pun sangat ingin desanya, Desa Guwosari, untuk berkembang pula. Menurutnya, jika daerah lain bisa, Guwosari juga bisa berkembang.

Salah satu gagasan Taufik adalah mendaftarkan puluhan usaha masyarakat di desanya menjadi mitra usaha GoFood. Berkat digitalisasi UMKM yang ia lakukan, warga yang tadinya hanya menganggur di rumah, kini tergerak untuk punya usaha. Mereka yang sebelumnya sudah punya usaha pun, kini semakin berdaya. “Motivasi saya untuk mengembangkan GoFood di daerah kami di pedesaan muncul karena  merasa terpanggil untuk mengembangkan UMKM di daerah kami. Langkah ini juga saya lakukan agar teman-teman mitra tidak harus terus mengambil orderan di Kota. Jika di kota sudah terlalu banyak pesaing, ya mari kita bangun di daerah kita sendiri. Total saat ini sudah ada lebih dari 40 UMKM yang sudah mendapat pendampingan  untuk mendaftarkan diri di GoFood,” terang Taufik.

Tidak berhenti membangun Guwosari, Taufik terus berinovasi untuk mengembangkan mitra driver Gojek di daerahnya. Ia menginisiasi untuk menjadikan Gojek sebagai sarana mengantarkan bantuan kelurahan, yang mendapat sambutan baik pimpinan desa. Langkah tersebut akhirnya berhasil membuat mitra driver Gojek di Desa Guwosari menjadi penyalur bantuan, yang secara tidak langsung memberi peluang mereka untuk menambah penghasilan.

Selain memberikan apresiasi kepada mitra driver, Gojek memberikan apresiasi kepada mitra usaha  GoFood, yakni Palm Ethnic Resto & Maling Sego yang berada di Solo, Jawa Tengah.

Ayline Christianto, pemilik Palm Ethnic yang juga seorang lulusan perhotelan dan sukses membuka berbagai bisnis franchise sejak 2012, secara aktif membagikan ilmu mengenai bisnis F&B melalui akun media sosial. Ia bahkan melayani para pelaku UMKM yang ingin berkonsultasi melalui direct message secara gratis dan aktif terlibat dalam kegiatan mentoring. “Semua itu saya lakukan karena saya senang melihat UMKM lain ikut bertumbuh. Selama empat tahun bergabung sebagai mitra usaha GoFood, saya sering berbagi tips dan trik kepada rekan-rekan UMKM agar terus tumbuh, terutama dalam berbisnis F&B di masa  seperti sekarang ini. Di tengah pandemi, terus terang para pelaku UMKM sangat terbantu dengan kehadiran GoFood. Tidak hanya mendapat dukungan teknologi dari Gojek, kami juga memperoleh dukungan nonteknologi, seperti wadah Kompag. Dalam komunitas tersebut saya sering memberikan sharing session kepada sesama rekan UMKM,” tutup Ayline.

MAG 2020 apresiasi mitra berprestasi dan penuh inspirasi

MJG 2020 merupakan bagian dari perayaan Hari Jadi ke-10 Gojek. Pada ajang kali ini, terdapat 27 mitra yang mendapat penghargaan di 9 kategori yaitu MJG Kategori Roda Dua, MJG Kategori Roda Empat, MJG Kategori Logistik, MJG Kategori GoFood, MJG Kategori GoPay, MJG Kategori Mapan, lalu MJG Thailand, MJG Singapura, dan MJG Vietnam.

Co-Founder & Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, “Selama sepuluh tahun, Gojek bersama-sama dengan para mitra driver dan mitra usaha telah membantu dan memudahkan kehidupan jutaan masyarakat. MJG 2020 adalah program penghargaan tahunan Gojek bagi para mitra inspiratif kami yang terus menunjukkan kekuatan, optimisme, kerja keras, serta ketekunan agar dapat tetap produktif terutama di masa-masa sulit ini. Membawa semangat #PastiAdaJalan, para mitra juara telah terus memberikan dampak positif di komunitas mereka. Melalui berbagai cara, mereka telah menginspirasi kami untuk terus berinovasi sehingga dapat maju bersama.”

Pemilihan tiga pemenang untuk masing-masing kategori dilakukan berdasarkan beberapa kriteria utama. Yang menarik, kriteria ini tidak hanya semata melihat dari performa para mitra, tetapi juga inisiatif mereka dalam membantu sesama diluar tugas atau pekerjaan sehari-hari mereka.

Total hadiah yang diberikan dari MJG 2020 kali ini mencapai lebih dari Rp 600 juta yang berbentuk uang tunai, voucher belanja dan sejumlah produk. MJG 2020 kali ini didukung oleh sejumlah mitra bisnis Gojek, antara lain BCA, BRI, Alfamart, dan AIA Financial.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan, “Kami percaya bahwa pencapaian Gojek tidak lepas dari dukungan seluruh ekosistem kami, baik para mitra driver, mitra usaha, mitra bisnis, dan tentunya Pemerintah serta masyarakat luas. Kami harap MJG 2020 dapat mendorong para mitra kami untuk terus melangkah dan memberikan dampak positif bagi lingkungan mereka, serta memberikan inspirasi bagi semua dengan semangat #PastiAdaJalan.”

Andre menambahkan bahwa perayaan dan penghargaan bagi para mitra juara belumlah berakhir. “Kami menghadirkan enam (6) Kisah Mitra Inspiratif dari Indonesia, yang merupakan Juara I dari masing-masing kategori. Masyarakat dapat memilih salah satu dari mereka untuk menjadi pemenang kategori khusus Mitra Juara Pilihan Gojekers yang akan diumumkan di acara perayaan utama Hari Jadi ke-10 Gojek dalam waktu dekat.” 

BACA SELANJUTNYA

Gojek Mau Merger dengan Tokopedia?