Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 10 November 2020 | 06:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tiap 10 November masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai bentuk apresiasi bagi para pahlawan yang telah berjasa dalam kemerdekaan di Indonesia, termasuk hari ini.

Beragam ucapan disampaikan netizen melalui cuitan di Twitter berserta dengan hashtag yang merajai trending topik.

Hashtag ''Selamat Hari Pahlawan kini berada di urutan nomor satu trending topik di Twitter sejak pagi.

Netizen berbondong-bondong untuk mengucapkan dengan berbagai versi melalui cuitannya di Twitter.

Ilustrasi Hari Pahlawan. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Dilansir dari laman Wikipedia, setiap tanggal 10 November, Hari Pahlawan merupakan hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Hari Pahlawan ini berguna ntuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Pertempuran di Surabaya yang sangat bersejarah dan untuk mengenang semangat 'arek-arek Suroboyo' (orang Surabaya) berperang melawan Belanda.

Di kota inilah juga peristiwa perobekan bendera Belanda menjadi bendera Indonesia merah putih yang berada di Hotel Yamato (sekarang menjadi Hotel Majapahit) di Surabaya.

Dari perisitiwa tersebutlah Surabaya hingga kini dijuluki Kota Pahlawan, di Surabaya juga terdapat Monumen Tugu Pahlawan setinggi 41, 15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik.

''Gak bisa jadi pahlawan buat orang lain, aku menjadi pahlawan buat diriku sendiri, karena meraih kemerdekaan utk diri sendiri perlu perjuangan. Selamat HARI PAHLAWAN'' tulis salah satu netizen di Twitter.

''Selamat Hari Pahlawan 10 November 2020. Mari kita mengenang dan mendoakan semua tokoh yang telah tiada yang telah berkorban'' tulis salah satu komentar netizen.

''Selamat Hari Pahlawan..Mari kita sejenak mengheningkan cipta.. Mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.'' komentar netizen lainnya di Twitter.

Hingga pagi ini, trending topik Selamat Hari Pahlawan telah dicuitkan ribuan kali oleh netizen di Twitter.

BACA SELANJUTNYA

Potongan Video YouTube Viral, Gritte Agatha dan Indira Kalistha Trending