Selasa, 16 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 11 November 2020 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah mengumumkan chipset 5G anyar pada Annual Summit (KTT) pada 10 November 2020, MediaTek berharap melakukan lompatan besar di tahun depan. Petinggi perusahaan membeberkan target ambisius mereka terkait dengan produksi chipset 5G.

Sebagai informasi, MediaTek baru saja mengenalkan Dimensity 700 5G, chipset bersistem fabrikasi 7 nm yang ditujukan untuk HP terjangkau.

Produsen chipset asal Taiwan ini memprediksi bahwa mereka akan mengirimkan sekitar 500 juta chipset 5G pada 2021.

Petinggi perusahaan percaya bahwa pasar 5G akan meningkat serta berlipat ganda di tahun depan. Sebelumnya MediaTek telah mengirimkan sekitar 200 juta chipset 5G di tahun 2020. Itu telah melebihi target serta prediksi awal dari analis industri terhadap MediaTek.

"Pada tahun depan kami yakin pasar 5G menjadi dua kali lipat dari tahun ini dan kami mengharapkan 500 juta unit (chipset) dikirim di 2021," kata CEO MediaTek, Rick Tsai kepada ET Telecom.

Ilustrasi chipset 5G MediaTek Dimensity 700. (MediaTek via Gizmochina)

Tsai juga mengatakan bahwa perusahaan sedang bullish (mengalami tren peningkatan) di pasar 5G dengan peluang yang "luar biasa".

Ia mengklaim MediaTek telah cukup berhasil dalam fase awal 5G sehingga Rick Tsai yakin hal yang sama akan terjadi pada 2021.

Dikutip dari Gizmochina, pada kuartal kedua 2020, MediaTek memiliki hampir 26 persen pasar di belakang Qualcomm.

Logo MediaTek. (MediaTek)

Namun berkat chipset Dimensity series-nya, mereka memiliki banyak momentum memasuki kuartal ketiga dan kuartal keempat 2020.

MediaTek telah mengeluarkan sekitar 2,5 miliar dolar AS atau Rp 35,2 triliun untuk kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) pada tahun 2020.

Mereka juga telah memiliki kemitraan aktif dengan beberapa produsen smartphone seperti Oppo, Redmi, Vivo, Huawei, dan ZTE. Jika chipset Dimensity series mereka semakin moncer tahun depan, bukan tidak mungkin bahwa MediaTek bakal diperhitungkan di pasar chipset 5G pada tahun 2021.

BACA SELANJUTNYA

Review Xiaomi 13T, Kolaborasi Leica Bukan Sekadar Gimmick