Rabu, 16 Juni 2021
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 12 November 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Netizen baru-baru ini membandingkan foto kondisi salah satu daerah Jakarta Pusat tahun 1870 dan sekarang. Berbeda jauh, netizen justru sesalkan hal yang muncul dalam foto lawas tersebut.

Foto lawas Jakarta Pusat yang diambil tahun 1870 ini diunggah @potolawasofficial pada Rabu (11/11/2020) lalu dan viral di Instagram dalam waktu singkat.

Dalam foto tersebut, nampak sudut Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat yang pada masa kolonial tahun 1870 dikenal sebagai Gang Scott atau yang kerap disebut Kampung Scott. Nama ini diberikan oleh Belanda di masa penjajahan.

Setelah Belanda hengkang dari Indonesia, Gang Scott lalu berubah menjadi Jalan Budi Kemuliaan. Jika di tahun 1870, jalanan ini nampak dihiasi pepohonan hijau yang rindang, di tahun 2018, jalanan ini justru dihiasi berbagai gedung tinggi yang padat dan modern.

Seperti yang diketahui, Jakarta Pusat menjadi pusat kota Jakarta dengan berbagai pusat perusahaan, pusat perbelanjaan hingga hiburan ibu kota.

Foto Jakarta Pusat tahun 1870. (instagram/potolawasofficial)

 

Usai unggahan ini menjadi viral di Instagram, berbagai netizen lalu meninggalkan komentarnya. Beberapa netien justru menyesalkan hal yang ada di foto lawas tahun 1870 ini yaitu suasana yang asri dan jauh dari keramaian kota seperti sekarang ini.

"Pohon berganti gedung" balas netizen dengan akun @idham198.

"Adem dulu, ijo royo royo" komentar pemilik akun Instagram @joesoefalexander.

"Enak jaman ini, masih sejuk adem ayem" ungkap netizen pemilik akun Instagram @eunriz.

"Rasanya kangen lihat Jakarta masih seperti gambar lawas. Jadi kangen zaman masih kebon kelapa" tulis netizen dengan akun Instagram @ryunasensen.

Viral di Instagram, unggahan mengenai foto Jakarta Pusat tahun 1870 ini telah mengumpulkan lebih dari 1.000 likes dan puluhan komentar dari netizen.

BACA SELANJUTNYA

Beli Ayam Goreng di Restoran, Ternyata yang Datang Malah Gini