Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 13 November 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Makin banyak kisah viral di media sosial terkait pengemudi ojek online atau driver ojol. Seperti yang satu ini membuat salut netizen dengan sikap jujur yang ditunjukkannya.

Menurut kisah yang dibagikan kembali oleh akun Twitter @kementerianunyu pada 10 November, pemilik akun mengunggah beberapa gambar tangkapan layar.

Salah satunya memperlihatkan profil salah satu driver ojol yang menjadi mitra Gojek. Dalam tangkapan layar, netizen mengaku awalnya bertemu dengan driver ojol bernama Sagino saat memesan sushi melalui layanan GoFood.

"Guys aku mau share foto bapak ini, biar viral. Kapokin dah aku viralin ya pak. Salah sendiri, siapa suruh bapak jadi orang baik dan jujur banget. Bapak emangnya nggak tau kalau sekarang orang jujur udah langka? Jadi gini guys, kemarin aku pesen GoFood kan, nah drivernya si bapak ini. Perusahaan Gojek sangat beruntung dapat driver seperti ini. Orang jujur sudah langka jaman now," tulis netizen.

Netizen tersebut bercerita setelah memesan sushi melalui aplikasi GoFood, ia juga meminta driver ojol membeli makanan tambahan di luar aplikasi sehingga menjadi dua nota berbeda.

Pembelian melalui aplikasi sudah termasuk ongkos kirim menjadi Rp 288.000 dan ditambah dengan pesanan di luar aplikasi sebesar Rp 37.000, sehingga total secara keseluruhan Rp 325.000.

Namun, dikarenakan yang menerima pesanan adalah ibunya, sang ibu tidak tahu menahu tentang total jumlah pemesanan. Netizen menjelaskan bahwa seharusnya ia mendapatkan uang kembalian sebesar Rp 75.000 karena ibunya memberi uang Rp 400.000.

Postingan netizen tentang aksi driver ojol jujur. [Twitter]

"Nah yang order kan aku, yang terima barang mamiku. Mami nggak tau berapa total belanjaanku. Seharusnya kembalian 75 ribu karena mami kasih duit 400 ribu," tulis netizen tersebut.

Driver ojol tersebut tidak langsung memberikan uang kembalian, namun juga tidak membawa kabur sisa uang tersebut. Netizen mengaku bahwa driver ojol itu pergi ke rumahnya sebanyak dua kali hanya untuk memberikan uang kembaliannya.

"Terus tadi bapaknya ke sini dong 2 kali, paginya ke sini katanya rumahnya masih ketutup jadi sore barusan dia ke sini untuk balikin kembaliannya. Baik dan jujur sekali bapak ini," tambah netizen.

Tak hanya itu, rupanya pengemudi tersebut hanya mengembalikan uang sebesar Rp 25.000 dari total uang kembalian Rp 75.000. Meski begitu, netizen yang juga mengaku tak sadar bahwa uang kembaliannya kurang mengatakan driver ojol itu kembali ke rumahnya lagi.

"Kembaliannya harusnya 75 ribu tapi si bapak salah kasih kembalian. Cuma 25 ribu, kurang 50 ribu lagi. Padahal kalau si bapak diem-diem aja, kami juga nggak sadar kalau kembaliannya kurang. Pas si bapak ke rumah, si bapak cerita kalau istrinya juga selalu ngingetin si bapak balikin uang kami," jelasnya.

Meski begitu, uang kembalian tersebut pada akhirnya diberikan kepada driver ojol tersebut.

"Tapi akhirnya uangnya kami kasih si bapak aja, kami ikhlas. Si bapak baik banget dan bagi kami kejujuran itu patut diapresiasi. Si bapaknya udah tua guys, pas jalan juga agak terpincang-pincang. Tapi semangat kerja demi rejeki halal. Yang seperti ini patut dihargai," tutup netizen.

Postingan netizen tentang aksi driver ojol jujur. [Twitter]

Menurut keterangan netizen, kejadian ini berlokasi di Bali dengan waktu pemesanan pada 6 November 2020. Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 2.400 kali dan disukai sebanyak lebih dari 6.000 kali oleh sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari netizen.

"Doa terbaik untuk orang-orang jujur di dunia ini," tulis akun @anesaurus.

"Di antara banyaknya driver yang suka pura-pura nggak tau harus kembalian atau to the point minta kembaliannya buat dia, bapak ini memang luar biasa banget. Langka!" komentar @Kakaue2910.

Postingan netizen tentang aksi driver ojol jujur. [Twitter]

"Terharu kalau baca ginian. Semoga bapak dan keluarga sehat selalu, panjang umur, dimudahkan rezekinya. Terima kasih sudah menjadi orang baik," tambah @aquariuswmn.

"Nah yang baik-baik gini diviralin. Jangan yang public enemy yang viral mulu. Jadi baik gampang kok," ungkap @Badarawuhi_nur.

"Ya Tuhan baik banget. Demi Allah aku malu banget sama orang begini. Maksudnya, aku yang malu. Soalnya aku masih suka nggak jujur," cuit @etuhereal.

Itulah kisah viral di media sosial, bagaimana netizen dibuat salut dengan kejujuran driver ojol satu ini. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz