Minggu, 28 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 18 November 2020 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cimol salah satu jajanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji dan menjadi favort banyak orang. 

Namun apabila menggoreng dengan cara yang tak tepat, cimol akan meledak saat digoreng. 

Nampaknya kekhawatiran cimol meledak dan mengenai wajah dirasakan oleh orang ini. Melalui akun jejaring sosial Twitter @FFOODFESS, seorang warganet membagikan foto saudaranya saat menggoreng cimol.

Pada foto tersebut nampak seorang perempuan tengah memasak cimol. Menariknya, perempuan bercelana pendek ini menggunakan helm saat memasak. Ia juga memberikan jarak antara penggorengan dengan dirinya.

Kejadian cimol meledak memang kerap dialami oleh beberapa orang. Sehingga banyak yang enggan membuat cilok sendiri di rumah. Hal ini terjadi karena mereka belum tahu cara mengolah cimol yang benar.

Foto unggahan antisipasi cimol meledak ini kemudian banyak mendapatkan reaksi dari warganet.

Warganet goreng cimol (Twitter @FFOODFESS)

"Plis gue sendiri juga gini. Sampe tu cimol terbang-terbang loncat keluar. Ngga jadi makan," ucap seorang warganet yang mengalami hal serupa. Duh, memang ada-ada saja ya momen warganet goreng cimol pakai helm ini.

"Jadi inget sohibku. Kalau mau goreng-goreng pakai helm, masker dan sarung tangan," cerita salah satu warganet.

Ada pula warganet yang mengatakan bila tetangganya melakukan hal serupa. "Sama kayak tetanggaku. Tapi dia goreng telur pakai helm," cerita warganet ini.

Cimol yang memiliki kepanjangan aci digemol ini memang rentan meledak bila salah dalam mengolah adonan. Jangan khawatir, bila tak ingin cimol meledak saat digoreng ikutilah cara ini. Buatlah adonan menggunakan air panas.

Setelah diuleni hingga kalis dan dibulatkan, tuang minyak dipenggorengan. Letakkan cimol satu per satu di minyak yang belum panas, kemudian nyalakan api kecil.

Aduk terus cimol hingga matang dan jangan goreng cilok terlalu lama. Langkah-langkah ini bisa mencegah keriuhan di dapur akibat cimol yang meledak.

Unggahan cosplay menjadi pengemudi motor saat menggoreng cimol ini lantas viral di media sosial. (Suara.com/Hiromi Kyuna)

BACA SELANJUTNYA

5 Artis Indonesia yang Ternyata Wibu, Nomor 4 Banyak yang Nggak Percaya