Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 26 November 2020 | 12:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sesuatu yang bergaya atau memiliki desain jadul biasanya cukup menarik perhatian netizen, salah satunya sebuah foto yang mengilustrasikan desain pintu rumah jadul ini sukses bikin netizen nostalgia.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Adham Holique ES membagikan postingan melalui forum INDONESIA TEMPO DOELOE.

Postingan yang dibagikan berhasil membuat netizen auto nostalgia dengan keadaan rumah milik kakek dan nenek mereka.

"Pintu rumah zaman dahulu, anti pencuri," tulis Adham Holique ES pada unggahannya. Postingan yang dibagikan menarik perhatian setelah mendapatkan lebih dari 5.700 Like dan ratusan komentar dari netizen.

Kebanyakan netizen mengenang desain kunci pintu itu di rumah-rumah yang mengusung gaya lama.

Desain kunci pintu rumah jadul ini bikin netizen nostalgia. (Facebook/ Adham Holique ES via forum INDONESIA TEMPO DOELOE)B

Meski tidak semua, namun desain tersebut cukup banyak digunakan pada rumah zaman dahulu. Terdapat kayu dengan palang horizontal yang digunakan sebagai kunci.

Selain palang horizontal, terdapat pula kunci kayu pada daun pintunya sehingga lebih aman.

Beberapa rumah dengan desain yang masih menggunakan dinding anyaman bambu terkadang memiliki pintu semacam ini. Meski begitu, beberapa rumah zaman sekarang terkadang juga memiliki kunci semacam itu, terutama bagi mereka yang menyukai desain klasik.

Desain kunci pintu rumah jadul ini bikin netizen nostalgia. (Facebook/ Adham Holique ES via forum INDONESIA TEMPO DOELOE)C

Sebuah foto ilustrasi desain pintu rumah jadul ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Di rumah nenekku juga pintunya seperti itu. Mungkin sampai sekarang juga masih ada, karena rumahnya masih utuh belum dibongkar, terharu lihatnya," kenang Fatmah Attamimi.

"Rumah ortuku dulu taun 70-an pernah kemalingan sepeda sama radio ( waktu itu termasuk barang berharga) trus dikasih seperti itu pintunya terus jendela smua dikasih teralis besi seperti di penjara," balas Zabid Anhar.

Rumah dengan desain lama. (Facebook/ Hartanto)

"Ya Allah, ke inget rumah lama dulu. Meskipun terbilang bangunan cukup modern. Tapi alm ortu tetap pakai kuncian model bginian untuk pintu belakang," kata Libriana S Antoro.

"Di kampung saya di Cakung Jakarta Timur disebut gasir, rumah orang dulu tinggi urukan tanahnya jadi dengan membongkar tritipan rumah sudah bisa masuk ke dalam," pendapat Aminudin Husin.

Itulah tadi ilustrasi foto desain pintu rumah jadul yang bikin netizen nostalgia, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi