Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 26 November 2020 | 13:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah potret resep kue jadul tiba-tiba viral di media sosial usai bikin penasaran netizen. Pasalnya, dalam catatan ini menggunakan rumus matematika jika ingin memasaknya.

Jika biasanya resep masakan dibuat mudah agar gampang untuk digunakan, namun beda dengan yang satu ini. Netizen sampai dibuat bingung dengan penampakan halaman sebuah resep kue jadul dengan rumus matematika ini.

Berawal dari postingan akun Twitter @nixapasih yang membagikan potret dari sebuah halaman buku resep masakan yang terlihat sudah lawas.

Dia mamamerkan resep zaman dulu untuk membuat kue. Lembaran resep itu sudah berwarna kekuningan dan lusuh. "Nyokap dulu pas SD les bikin kue trs ini buku les nya, and look what i found," cuit @nixapasih mengutip dari laman Hops.id------Jaringan Suara.com.

Bikin kue berasa kayak lagi ujian matematika kalau memakai resep itu. Dalam lembaran resep kue, tertulis judul ‘Rumus-rumus Bahan Bolu’. Si penulis mengakui kalau resep yang tercantum mungkin asing bagi pembaca atau ahli pembuat kue.

Bikin Warganet Geleng-geleng, Viral Resep Kue Jadul Pakai Rumus Matematika. (Twitter/@nixapasih)

Pasalnya, rumus itu merupakan ciptaan mereka sendiri untuk mengukur bahan-bahan yang diperlukan. Rumus ala matematika ini bisa dipakai untuk mengukur banyaknya telur, terigu dan gula pasir untuk membuat kue bolu.

"Jadi apabila kita hendak membuat bolu yang bermacam-macam bentuk dan besar, itu bisa ditentukan bahan di atas apabila memakai rumus seperti di bawah ini. x=3/4 TL + (H20 X G) = x."

Penjelasannya, x adalah bahan-bahan. 3/4 TL merupakan Tinggi Loyang, H20 untuk air, sedangkan G adalah gelas untuk mengukur air. Hasil hitungan nantinya bisa diterapkan untuk jumlah telur, gula dan terigu.

Supaya lebih mudah dipahami, tercantum contoh soal ukuran bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue dengan loyang setinggi 6 cm.

Contoh gampang menurut resep adalah jika 3/4 tinggi loyang bisa diisi oleh 3 gelas air, maka dibutuhkan 3 butir telur. Nah, telur kemudian bisa dijadikan acuan untuk menimbang tepung dan gula. Di mana 1 butir telur butuh 3/4 gelas gula serta tepung terigu 3/4 gelas.

Lazimnya ukuran di resep menggunakan satuan seperti liter atau gram. Tapi resep bolu zaman baheula ini malah memakai rumus matematika.

Hal yang tak biasa itu memancing komentar netizen. Beberapa menebak kalau pencipta rumusnya seorang fisikawan atau guru matematika. "Ketika lo koki tapi gelarnya fisika murni." "Chef nya guru matematika."

"Jiwa bakingku bertanya-tanya. Ini mau bikin kue apa mau bangun apartemen," kata seorang netizen. "Itu bolu yang diciptakan sama Albert Einstein," saut yang lain. Sementara seorang lagi menyinggung salah satu chef ternama Indonesia, "Chef Juna menangis lihat ini."

Tapi tidak sedikit netizen yang malah penasaran dan menganggap sebenarnya rumus tersebut mudah. "Kelihatannya aja susah, padahal rumusnya sederhana, sangat bermanfaat agar mendapatkan takaran yang sangat tepat." "Semangat baca lagi sampai teliti, itu rahasia berabad-abad yang nggak diketahui banyak chef, mumpung dibocorin."

Itulah penampakan resep kue jadul yang membuat netizen heboh, bukan dibuat mudah seperti resep masakan kekinian namun malah menggunakan rumus matematika. Saking ramainya, postingan ini sampai viral di media sosial. (Suara.com/ Arendya Nariswari).

BACA SELANJUTNYA

7 Aplikasi Belajar Matematika Gratis di Android