Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 05 Desember 2020 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Spotify Wrapped 2020 sempat ramai di media sosial dipopulerkan oleh aplikasi streaming musik ternama. Tak maukalah, pesaing baru YouTube Music menghadirkan fitur serupa.

YouTube Music membuat daftar lagu yang sering didengarkan pengguna sepanjang tahun ini.

Sama halnya dengan Spotify Wrapped yang mengeluarkan playlist musik terpopuler selama 2020, YouTube Music juga mengeluarkan "Lagu-lagu Terhits 2020".

Di daftar ini, YouTube memunculkan berbagai genre, mulai dari pop, rock, indie, hip-hop, hingga dangdut.

Dari pantauan Suara.com, untuk lagu terhits 2020, peringkat pertama ditempati BLACKPINK dengan lagu How You Like That. Kemudian disusul Petrus Mahendra dengan Pura Pura Lupa dan Denny Caknan dengan lagu Los Dol.

Kemudian untuk pop paling hits 2020 ditempati Denny Caknan dengan Los Dol di peringkat satu. Posisi kedua dan ketiga ditempati Nissa Sabyan dengan Aisyah Istri Rasulullah dan Weird Genius dengan LATHI.

Lalu untuk rock paling hits 2020 ditempati Armada dengan lagu Awas Jatuh Cinta. Di bawahnya ada Trio LANJUD dengan Satu Wajah Berjuta Ingatan dan Ade Govinda dengan Tanpa Batas Waktu.

Ilustrasi aplikasi YouTube Music di ponsel pintar. [Shutterstock]

Lanjut pada kategori Indie Paling Hits 2020, posisi pertama ditempati Hindia (Baskara Putra) dengan lagu Rumah ke Rumah. Disusul oleh Ocan Siagian dengan Ekspektasi dan Rocket Rockers dengan lagu April.

Teruntuk kategori Hip-hop Paling Hits 2020, Rich Brian menempati urutan pertama dengan lagu Bali. Dilanjutkan oleh Young Lex dengan Masih Bisa Panjang dan Saykoji ft. Iwa K dan Ras Muhamad dengan $idehustle.

Sedangkan untuk kategori Dangdut Paling Hits 2020 ditempati Denny Caknan dengan Los Dol di posisi satu. Posisi dua dan tiga diraih Happy Asmara dengan Apakah itu Cinta dan Lesti Andryani lewat Kulepas Dengan Ikhlas.

Selain itu, YouTube Music juga membuat daftar lagu favorit versi pengguna yang paling banyak dimainkan selama tahun 2020. Daftar lagu ini terdiri dari 40 lagu yang berisi berbagai genre musik yang paling banyak dimainkan pengguna.

Berbeda dengan Spotify Wrapped yang menampilkan lagu populer lewat Stories, YouTube Music tidak menampilkan playlist tersebut dengan tampilan tersebut. Juga tidak ada fitur bagikan playlist populer seperti saingannya.

Hingga saat ini, YouTube Music telah diunduh lebih dari 500 juta kali di aplikasi Play Store.

Itulah kabar aplikasi streaming musik YouTube Music yang menghadirkan daftar lagu favorit mirip dengan Spotify Wrapped 2020. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Ungkap Musisi Favoritmu, Begini Cara Buat Spotify Wrapped 2020