Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 14 Desember 2020 | 20:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Netizen dihebohkan dengan pembahasan YouTube Down yang menggema di Twitter. Menghadapi laporan dari banyak netizen, akun resmi YouTube akhirnya membuka suara.

Meski belum membeberkan mengenai penyebab YouTube Down, namun perusahaan mengaku akan menyelidiki masalah yang ada.

Hashtag #YouTubeDown memuncaki trending topik pada pukul 19.00 WIB setelah dicuitkan lebih dari 14 ribu kali oleh netizen.

Saat artikel ini dibuat, bahkan hashtag tersebut semakin melesat setelah dicuitkan lebih dari 148 ribu kali. Pantauan dari situs Down Detector, pelaporan masalah terkait YouTube Down mulai memuncak pada 18.45.

Lebih dari 50 persen pengguna mengeluhkan layanan YouTube.com tidak bisa diakses sementara 45 persen lain tidak bisa melihat video di YouTube.

Laporan permasalahan terkait YouTube Down sudah mulai menurun. (Down Detector)

Beberapa layanan Google yang dilaporkan juga mengalami kendala termasuk YouTube, Google, Google Meet, Google Hangouts, Google Play, dan Gmail.

Trending topik Twitter juga dihiasi oleh beberapa hashtag termasuk #YouTubeDown, Google, dan Gmail. Kebanyakan pengguna mengeluhkan layanan yang ada pada kata kunci tersebut.

"Kami menyadari bahwa banyak dari Anda yang mengalami masalah saat mengakses YouTube, tim kami telah menyadari dan menyelidikinya. Kami akan mengabari Anda segera setelah mendapatkan lebih banyak info," tulis pernyataan resmi YouTube (@TeamYouTube).

Pernyataan resmi mengenai YouTube Down. (TeamYouTube)

Meski pukul 19.00 WIB sempat tidak bisa diakses, namun saat ini tim HiTekno.com mencoba membuka kembali YouTube dan akhirnya berhasil (nb: tim kami berada di wilayah Yogyakarta). Berdasarkan statistik pelaporan masalah di Down Detector, grafik yang ada mulai berangsur menurun.

Pada puncaknya di pukul 19.00 WIB terdapat pelaporan 119 ribu masalah. Namun pukul 19.30 WIB, pelaporan masalah turun menjadi sekitar 38 ribu.

Meski sekitar satu jam lalu peta Indonesia di Down Detector didominasi warna kuning dan merah, namun kini masalah sudah berangsur pulih.

YouTube bisa diakses. (YouTube)

Hingga saat ini (pukul 20.00 WIB) beberapa wilayah yang masih terdampak termasuk Jakarta, Singapura, dan beberapa wilayah di Malaysia.

Meski begitu wilayah Eropa dan India masih tercatat mengalami indikator warna merah sehingga permasalahan YouTube Down masih dibahas oleh netizen di Twitter.

BACA SELANJUTNYA

Siapa Frost Diamond? Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi