Senin, 06 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 15 Desember 2020 | 11:30 WIB

Hitekno.com - Baru-baru ini, wujud benua Sundaland sebelum tenggelam menjadi viral di Instagram. Menyatukan hampir setengah bagian Indonesia, netizen justru penasaran dengan hal lain terkait benua ini.

Wujud Sundaland sebelum tenggelam ini menjadi perbincangan dan viral di Instagram usai diunggah @kegoblogan.unfaedah pada Senin (14/12/2020) lalu.

"Bakal kayak gimana ya jadinya?" tulis caption unggahan @kegoblogan.unfaedah.

Jika kini, beberapa pulau di Indonesia dipisahkan oleh perairan, terlihat dari peta lawas ini, bagian Sumatera, Kalimantan dan Jawa disatukan pada daratan yang sama.

Seperti yang diketahui, para ilmuwan percaya pada Zaman Es, ada sebuah benua di daerah Indonesia yang tenggelam. Benua tersebut lalu dipercaya adalah Sundaland yang menyatukan wilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Ilustrasi peta. (unsplash/@chuttersnap)

Melansir dari Journal of Limnology yang diunggah pada Desember 2013, Sundaland tenggelam pada 18 ribu tahun yang lalu saat masa Last Glacial menuju Holocene.

Penyebab tenggelamnya disebut-sebut karena pemanasan global saat permukaan air laut naik 20 mm per tahun. Pada masa Holocene sekitar 12 ribu tahun yang lalu, Sundaland menghilang dan menyisakan bentuk Indonesia saat ini.

Menjadi bagian dari sejarah Indonesia, unggahan mengenai wujud Sundaland sebelum tenggelam ini lalu mendapat berbagai komentar dari netizen yang justru dibuat penasaran dengan bahasa Sunda yang mungkin akan digunakan di benua Sundaland.

Wujud Sundaland sebelum tenggelam. (instagram/kegoblogan.unfaedah)

"Sunda empire jadinya haha" balas netizen dengan akun @kazazet_.

"Bayangkan, satu benua ngomongnya Bahasa Sunda?" komentar akun Instagram @clown_107.

"Bakal banyak yang jualan seblak" ungkap netizen pemilik akun @adriinn_.

Viral di Instagram, unggahan mengenai wujud Sundaland sebelum tenggelam ini telah mengumpulkan lebih dari 163 ribu likes dan ribuan komentar dari netizen.

BACA SELANJUTNYA

Kesengsem Wajah Tamara Bleszynski Hingga Desy Ratnasari di Foto Tahun 2000, Netizen: Ratu Iklan Kecantikan di Zamannya