Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 16 Desember 2020 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belanja online kerap kali menawarkan harga miring, hingga menarik minat para pembeli. Namun ingat, harga barang belum dengan ongkos kirim yang harus dibayarkan.

Miringnya harga memang jadi salah satu perhatian pembeli. Hal tersebut juga dilakukan oleh seorang netizen yang tak diketahui identitasnya.

Dibagikan kembali oleh akun Twitter @txtdarionlshop pada 14 Desember, netizen tersebut membeli dispenser bermerek untuk galon air minum seharga Rp 12.000.

Harga normal dispenser tersebut awalnya adalah Rp 143.958. Namun toko ini menawarkan harga yang super miring hingga menarik perhatian netizen.

Alih-alih mendapatkan ongkos kirim belasan ribu, ongkos untuk mengirim barang tersebut berjumlah Rp 1.092.000.

Netizen harus membayar dengan jumlah total Rp 1,1 juta, menjadi jauh lebih mahal dibandingkan membeli harga normal dispenser tersebut.

Meski begitu, rupanya netizen itu tetap membeli produk dengan metode pembayaran COD atau bayar di tempat pembeli.

Curhatan warganet belanja online dispenser. [Twitter]

Jika dicek dari nomor resi pengiriman yang tertera, rupanya netizen tersebut membeli dispenser dari Jakarta dan dikirim ke alamat tinggalnya di Lampung.

Tampaknya ia melakukan pemesanan sekitar awal atau pertengahan Desember karena barang baru dikirimkan dari Jakarta pada 13 Desember.

Namun, ongkos kirim yang dinilai terlalu mahal itu tetap menarik perhatian warganet lainnya. Pasalnya, dengan berat dispenser sekitar 5 kilogram, ongkos kirim ke Lampung diperkirakan hanya antara sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000.

Jika ongkos kirim melampaui Rp 1 juta, netizen curiga bahwa penjual telah mengubah berat asli dispenser tersebut.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 599 kali dan disukai sebanyak lebih dari 8.400 kali oleh sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar.

"Bisa-bisanya orang pada beli barang yang ongkirnya mahal. Gue ongkir di atas 10 ribu mending nggak jadi beli," tulis akun @NuMacaGoreng.

"Abis ngecek dari penjualnya, beneran dong ongkirnya jutaan," komentar @M_Azril_r.

"Biasanya itu trik marketing, jadi harga barang dimurahin biar konsumen tertarik tapi ongkirnya dimahalin. Dulu pernah pas langka masker aku nemu toko yang jual masker satu box cuma 30 ribu. Tapi pas check out ongkirnya 250 ribu padahal normalnya ongkir dari kota itu ke kota aku paling mahal 27 ribu wkwk," tambah @qwertyjawi.

"Wkwk malah jadi lebih mahal dong, nggak kerasa diskonnya," ungkap @haleloverrr.

"Mungkin abang kurirnya ngirimnya berenang di laut jadi mahal," cuit @utanmenanti.

Itulah kisah belanja online beli dispenser murah meriah, namun harus menanggung ongkos kirim jutaan. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan