Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 19 Desember 2020 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - internet di zaman dulu tentu tidaklah sekencang dan semudah sekarang. Terlihat seperti iklan lawas paket internet dari sebuah operator seluler yang jadi sorota netizen belum lama ini.

Tak sedikut netizen yang bernostalgia melihat brosur lawas yang viral di media sosial. Bahkan ada yang berandai-andai jika paket internet ini digunakan zaman sekarang.

Pengguna Facebook bernama Luqman Hamid Marzun membagikan sebuah postingan iklan jadul melalui forum Komunitas Android Indonesia.

"Sekarang 1 MB bisa buat apa?" tanya pengguna Facebook tersebut dalam postingannya.

Ternyata netizen langsung nostalgia dan teringat masa-masa di mana mereka pernah mencicipi paket internet dengan kuota cukup kecil (jika dibandingkan sekarang).

Meski generasi zaman now mungkin akan mengernyitkan dahi, namun paket internet ini pernah dirasakan oleh pengguna zaman itu.

Bahkan terdapat aplikasi yang cukup familiar bagi para generasi zaman old. Pada poster terlihat salah satu operator telekomunikasi menawarkan paket Rp 1 ribu hingga Rp 5 ribu untuk kuota 1 MB hingga 5 MB saja.

Poster iklan jadul mengenai paket internet ini bikin netizen nostalgia. (Facebook/ Luqman Hamid Marzun via Komunitas Android Indonesia)

Tentu paket tersebut dipandang sangat kecil jika dibandingkan paket internet zaman sekarang. Dilihat melalui aplikasi MyTelkomsel, saat ini operator merah tersebut memiliki paket Ketengan Utama sebesar 500 MB per satu hari dengan harga Rp 3 ribu.

Bahkan terdapat operator lain yang menawarkan kuota harian 500 MB hingga 1 GB per harinya dengan rentang harga tak berbeda jauh.

Meski begitu, kuota internet minim pada iklan jadul tersebut masih bisa menjalankan beberapa aplikasi yang pernah populer di zamannya.

Beberapa aplikasi yang disebutkan dan diilustrasikan pada brosur iklan yang viral di media sosial ini termasuk Nimbuzz, eBuddy, mig33, Mxit dan lain-lain.

Masih belum diketahui mengenai kapan iklan lawas itu dirilis, namun dilihat dari aplikasi yang pernah populer, kemungkinan iklan jadul itu pernah disebar pada rentang tahun 2006 hingga 2009.

Poster iklan jadul mengenai paket internet ini bikin netizen nostalgia. (Facebook/ Luqman Hamid Marzun via Komunitas Android Indonesia)

HP dengan merek semacam Siemens, Sony Ericsson, dan Motorola masih malang melintang di kisaran tahun tersebut.

Bahkan pamor Nokia masih berada di atas, sebelum merek produsen HP lain dengan Android menghempaskannya.

Postingan mengenai iklan jadul yang menawarkan paket internet "super minim" ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

Ilustrasi aplikasi Nimbuzz pada 2008. (Wordpress Fandana21)

"Dulu gue pakai 50 MB per minggu Rp 10 ribu. Buat buka Waptrick sama download game," tulis Naomi Yuuna.

"Dapet notif WA udah hilang," balas Mwheheh Okeh.

"Antara 2007 - 2008, inget zaman dulu main chating pake Nimbuzz di HP Sony Ericsson W200i," kenang Sulis Pramono.

"1 MB? Hmm menarik. Kalau sekarang pasang data 1 MB langsung ludes sama pulsa ilang," pendapat Adam Saputra.

Itulah tadi iklan lawas paket internet yang viral di media sosial usai membuat netizen nostalgia, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi