Selasa, 23 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 20 Desember 2020 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selama pandemi, gerakan mendukung bisnis lokal, khususnya UMKM, kian marak di tengah masyarakat. Setiap kalangan bahu-membahu mendukung keberlangsungan UMKM demi mendorong pemulihan ekonomi nasional.                             

“Sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia, Tokopedia pun berusaha memfasilitasi masyarakat dengan sederet inovasi digital yang bisa dipakai untuk membantu UMKM bertahan, khususnya di tengah pandemi,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Berikut 5 fitur yang bisa dipakai untuk membantu bisnis lokal bertahan terutama di tengah pandemi.

Aplikasi Tokopedia. (Tokopedia)

1.     Fitur Bangga Buatan Indonesia - Melalui fitur di halaman depan aplikasi Tokopedia ini, masyarakat bisa langsung menemukan produk-produk lokal dari berbagai kategori. Mulai dari fashion, kecantikan, makanan dan minuman, rumah tangga dan masih banyak lagi.

2.     Ulasan - Ulasan dari pembeli memegang peranan penting dalam meningkatkan kredibilitas toko dan penjualan, maka setelah berbelanja, memberikan ulasan akan sangat membantu penjual.

3.     Following dan Feed - Selayaknya di media sosial, masyarakat bisa mem-follow toko favoritnya dengan mengeklik tombol Following di halaman depan toko. Setelah itu, unggahan terbaru toko favorit akan muncul atau bisa diikuti melalui fitur Feed di halaman depan Tokopedia.

4.     Tokopedia Play - Melalui kanal video streaming ini, penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM biasanya melakukan promosi interaktif dan menghibur. Masyarakat dapat menyaksikan sekaligus mendapat beragam penawaran menarik yang bisa membuat belanja lebih efisien.

Terdapat pula program live spesial ‘Brand Lokal Kebanggaan’ setiap Jumat pukul 9.00 WIB eksklusif di Tokopedia Play. Program ini mengupas tuntas perjalanan bisnis kreator-kreator lokal.

5.     Selesai - Setelah pesanan sampai dan sesuai, segera klik tombol Selesai agar uang yang dibayarkan pembeli bisa diteruskan kepada penjual. Walau tampak sederhana, hal ini bisa membantu mempercepat perputaran modal para penjual.

Selain menjadi alternatif pencegahan penyebaran virus COVID-19 di tempat ramai, belanja online bisa membantu para pegiat bisnis lokal tetap beroperasi di tengah pandemi dan membuat lapangan pekerjaan tetap terjaga.

BACA SELANJUTNYA

Niagahoster: UMKM Harus Mengasah Kemampuan Digital Marketing