Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 30 Desember 2020 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dengan tampilan retro biasanya dapat menarik perhatian netizen. Sebuah foto jadul yang menampakkan remaja dengan pakaian lokal ini sukses bikin netizen salfok.

Pengguna Facebook sekaligus admin grup bernama Agung Firdaus membagikan postingan foto jadul melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe.

Ia sebenarnya membagikan postingan dari fanspage Jogja Rikolo Semono. Postingan asli pertama kali dibagikan oleh Rustanto Ramelan pada 2012 lalu.

Sang pengunggah postingan menceritakan bahwa itu adalah foto jadul semacam dharma wisata atau study tour yang dilakukan oleh sebuah sekolah.

Postingan yang dibagikan di forum Indonesia Tempoe Doeloe menarik perhatian setelah mendapatkan lebih dari 2.400 Like dan ratusan komentar dari netizen.

Foto jadul ini berhasil menarik perhatian netizen. (Facebook/ Ramelan Rustanto via Indonesia Tempoe Doeloe)

Sebagian netizen memuji tampilan remaja jadul itu karena mereka dianggap tak kalah cantik dengan remaja zaman now.

"Rombongan study tour di kompleks Imogiri tahun 1959," tulis fanspage Jogja Rikolo Semono.

Pengunggah postingan pertama kali menceritakan bahwa foto jadul ini merupakan angkatan 1960 dari sebuah sekolah yang melakukan study tour ke Yogyakarta.

"Kejadiannya tahun 1959, Boedoet60 bagian A setiap tahun ada study tour ke Jogja, naik kereta api. Nah ini pada waktu kunjungan ke Imogiri. Juru potretnya adalah Bapak Surip, guru menggambar di sekolah itu," tulis sang pengunggah postingan, Rustanto Ramelan.

Foto jadul ini berhasil menarik perhatian netizen. (Facebook/ Ramelan Rustanto via Indonesia Tempoe Doeloe)

Jika dilihat dari tampilannya, paket wisata dengan pakaian ala keraton atau Jawa tradisional masih ditemukan hingga sekarang di Yogyakarta.

Khusus untuk nyekar atau berkunjung ke makam raja-raja Mataram di Yogya atau Imogiri, Bantul, biasanya pengujung diharuskan memakai kemben (bagi perempuan), dan juga kain jarit mirip abdi dalem untuk laki-laki.

Beberapa netizen menyoroti bahwa wajah-wajah yang ada pada foto tersebut sangat manis dan cantik meski tanpa atau bahkan minim makeup. Foto jadul ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Wajah natural tanpa dempul..haha," tulis Chemoel Thok Thil.

Foto jadul ini diwarnai kembali oleh netizen. (Facebook/ A-yt)

"Fokus di tengah ada yang cantik mirip bule, ckckck (emoticon cinta)," puji Gunawan Marwoko Saputro.

"Anggunnya wanita nusantara," kata Tatas Subekti.

"Meski pakaiannya begitu, jika diamati dari cara mereka cengegesan (senyam-senyum), bisa ditebak mereka masih usia ABG," pendapat Heru Dono.

Itulah tadi foto jadul yang sukses bikin netizen terpana dengan kecantikan remaja generasi old, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Dua Penyanyi Ini Pakai Casing HP Nokia Jadul, iPhone Boba-nya Terlihat Lebih Merakyat