Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 03 Januari 2021 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap masa atau generasi biasanya memiliki sebuah tradisi yang menjadi ciri khas masing-masing. Sebuah foto jadul mengenai emak-emak yang sedang menumbuk padi ini sukses menarik perhatian netizen.

Dalam mengolah biji padi untuk menjadi beras, terdapat beberapa langkah yang biasanya dilakukan oleh masyarakat tempo dulu. Salah satu langkah yang tak boleh dilewatkan adalah proses menumbuk pada dengan alu dan lesung.

Bahkan itu sudah menjadi semacam tradisi yang dilakukan oleh nenek moyang kita. Meski begitu, beberapa daerah di Indonesia masih ada yang menjalankan tradisi menumbuk padi pada masa modern untuk mempertahankan peninggalan dari pendahulu kita.

Sebuah akun fanspage bernama @potolawas membagikan postingan mengenai para wanita yang sedang menumbuk padi.

"Potret para wanita menumbuk padi di Tjimerak-Pangandaran, Ciamis-Jawa Barat, sekitar Oktober 1949 (sumber: Nationaal Archief)," tulis @potolawas pada caption-nya.

Foto jadul penumbuk padi ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Pada postingan terlihat penampilan para wanita yang cukup sederhana. Mereka berkonsentrasi saat menggunakan alu di mana salah satunya cukup sadar kamera.

Dikutip dari Wikipedia, masyarakat tempo dulu biasanya mengandalkan alat tradisional semacam alu dan lesung dalam pengolahan padi atau gabah menjadi beras.

Lesung terbuat dari kayu (biasanya bentuk perahu atau cekungan) di mana gabah yang akan diolah diletakkan di dalam lubang tersebut.

Padi atau gabah akan ditumbuk dengan alu (tongkat tebal dari kayu) sampai beras terpisah dari sekamnya.

Foto jadul emak-emak penumbuk padi ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

Foto jadul penumbuk padi ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

"Jadi ingat kampung halaman. Dulu waktu kecil sering ikut nenek numbuk padi kayak kini," kenang @2_nadyahlee_2.

"Zaman dulu kata ibuku kalau wanita mau masak harus nutu padi dulu, digiler sampai bersih, dicuci, diliwet, lalu dikukus, pakek api lo ya. Anak sekarang masak tinggal nyolokin magicom aja pada punya penyakit magh," pendapat @nur.shela.

"Di daerah Jawa Tengah banyak penumbuk padi seperti itu waktu mau punya hajatan, sampai malam sambil klotekan, iramanya merdu sekali," kata @wahyuni.sl3.

Itulah tadi foto jadul emak-emak penumbuk padi yang berhasil menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kamu?

BACA SELANJUTNYA

Netizen Tuding Dirinya Terkena Star Syndrome, Begini Respons Inara Rusli