Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 15 Januari 2021 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Awal tahun 2021, Indonesia tak hanya menghadapi pandemi yang belum usai, tetapi banjir yang tak kunjung surut di Kalimantan Selatan hingga Gempa di Sulawesi Barat.

Dua wilayah Indonesia di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat ini kini meramaikan kolom trending topik di Twitter.

Tak jarang netizen di Twitter membuka donasi untuk masyarakat yang terdampak musibah hingga berbondong-bondong mengirimkann doa melalui cuitannya.

Dilansir dari laman Suara.com, banjir yang makin meluas di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam beberapa waktu belakangan akhirnya menjadikan status wilayah tersebut berstatus Tanggap Darurat, setelah sebelumnya Siaga Darurat.

Berdasarkan laporan kejadian bencana di 13 kabupaten/kota yang berisiko tinggi terhadap bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung ,dan gelombang pasang dikhawatirkan berdampak pada terganggunya aktivitas ekonomi, sosial dan kesehatan masyarakat.

Ilustrasi Twitter. (Unsplash/Claudio Schwarz)

Sedangkan gempa di Sulawesi Barat berkekuatan magnitudo 6,2, Jumat (15/1/2020), akibatnya banyak bangunan terutama rumah warga yang rusak.

Dikutip dari Suara.com, Gempa yang berpusat 6 km timur laut Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) membuat para warga panik hingga berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan analisis peta guncangan BMKG yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa M6,2 ini memicu kekuatan guncangan IV - V MMI di Majene, III MMI di Palu, Sulawesi Tengah dan II MMI di Makasar, Sulawesi Selatan.

''Stay safe all! #PrayforKalSel sending loves and my prayers for Kalimantan Selatan & Majene, Sulawesi Barat.'' tulis salah satu netizen di Twitter.

''Sending my thoughts and prayers to Kalimantan Selatan, staysafe everyone'' tulis salah satu komentar netizen lainnya di Twitter.

Dua hashtag Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat ini lantas mewarnai trending Twitter dengan lebih dari 18 ribu cuitan.

BACA SELANJUTNYA

Menurut BMKG, Sulawesi Barat Termasuk Daerah Rawan Gempa