Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 17 Januari 2021 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - WhatsApp mendapatkan sorotan tajam setelah mengumumkan perubahan kebijakan privasi dan persyaratan layanan, aplikasi chat ini mendapatkan beragam reaksi keras.

Tak sedikit pengguna yang menyampaikan ketidaksetujuannya mereka melalui media sosial, bahkan beberapa mengancam pindah ke aplikasi chat lainnya.

Keramaian soal kebijakan privasi ini juga telah berdampak pada meningkatnya jumlah pengguna layanan alternatif WhatsApp seperti Telegram dan Signal.

Sebagamana melansir laman Gizmochina, Minggu (17/1/2021), saingan seperti Telegram dan Signal mendulang untung dengan jutaan unduhan baru-baru ini. Melihat kondisi ini, akhirnya WhatsApp memberikan penjelasan dan menunda tanggal cut-off.

Melalui akun Twitter resminya, WhatsApp mengungkapkan akan bekerja terus-menerus untuk mengatasi kebingungan tentang privasi pesan pengguna dan penangguhan Akun.

Ilustrai WhatsApp. (WhatsApp)

Melalui posting blog, perpanjangan tanggal cut-off menjadi 15 Mei 2021. Selain itu, WhatsApp dengan jelas mengatakan bahwa itu tidak akan menghapus akun siapa pun pada 8 Februari yang merupakan tanggal terakhir bagi pengguna menerima perubahan pembaruan baru.

Seperti diketahui, WhatsApp baru-baru ini memperbarui kebijakan privasi dan persyaratan layanannya. Karenanya, itu menambahkan bagian baru tentang obrolan bisnis dan berbagi data dengan perusahaan Facebook lainnya.

Namun, orang-orang mulai menyebarkan berita bahwa WhatsApp mendapat akses ke pesan dan lokasi Pribadi.

Untuk ini, WhatsApp menekankan bahwa mereka dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung dan Facebook / WhatsApp tidak dapat mengaksesnya.

Cuitan WhatsApp terkait berlakunya kebijakan privasi baru. [Twitter]

Melalui postingan blog tersebut, WhatsApp juga mengatakan, akan terus mengikuti hal-hal yang telah dilakukannya sebelumnya seperti pada gambar di bawah ini:

  1. Tidak ada akses ke pesan pribadi pengguna oleh WhatsApp / Facebook
  2. WhatsApp tidak menyimpan log Pesan / info panggilan.
  3. WhatsApp / Facebook tidak dapat melihat Lokasi Bersama Anda.
  4. WhatsApp tidak membagikan kontak Anda dengan Facebook.
  5. Grup WhatsApp bersifat Pribadi.
  6. Anda dapat membuat pesan Anda menghilang (melalui Pesan yang Menghilang)
  7. Unduh data Anda secara lokal kapan saja.

 

Meski begitu, WhatsApp masih mendukung perubahan pembaruan terkait Bisnis, Pembayaran, dan secara bersamaan bantuan Facebook.

Tepatnya, beberapa bisnis yang menggunakan layanan hosting Facebook mungkin juga berjalan di WhatsApp. WhatsApp akan memberi label secara terpisah sehingga Anda dapat menentukan pilihan apakah mengobrol dengan mereka atau tidak.

Pembaruan pun tidak termasuk berbagi info seperti pesan pribadi, kontak & lokasi ke Facebook.

Itulah kabar terbaru dari WhatsApp yang menunda pemberlakuan kebijakan privasi baru mereka setelah menuai beragam respon pengguna aplikasi chat milik Facebook ini. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Keunggulan WhatsApp Dibandingkan dengan Aplikasi Chatting Pesaing Lainnya