Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 20 Januari 2021 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah video viral di media sosial jadi sorotan netizen, pasalnya nampak keluarga ini tengah melepaskan dua karung ikan lele ke sungai.

Tidak diketahui apa alasan keluarga ini lepaskan lele sebanyak itu di sungai. Hingga netizen pun ramai membahas video tersebut.

Aksi keluarga  ini rupanya menuai perbedabatan di kalangan netizen. Sebagian menganggap apa yang dilakukan mereka kurang tepat lantaran dinilai dapat merusak ekosistem sungai. 

Hal ini diketahui dari akun TikTok @babythaliii yang mengunggah rekaman detik-detik keluarga ini membebaskan ikan lele ke arus sungai. 

Pelepasan ratusan ekor ikan lele itu dilakukan sebagai upaya untuk menyelamatkan dan membebaskan lele ke habitat aslinya.

Dalam video tersebut, tampak satu keluarga mendatangi tepi sungai yang alirannya cukup deras sambil membawa dua karung berukuran besar.

Setelah tiba di bibir sungai, salah seorang anggota keluarga membuka karung tersebut dan mengeluarkan ratusan ekor lele yang ada di dalamnya.

Lepas ikan lele ke sungan (TikTok)

Aksi serupa juga dilakukan keluarga ini terhadap satu karung berisi lele lainnya.

Ia berharap dengan melepaskan ribuan ekor ikan lele tersebut dapat membuat makhluk hidup itu bahagia bisa kembali ke habitat mereka.

"Semoga semua makhluk hidup berbahagia," tulisnya seperti dikutip Suara.com, Selasa (19/1/2021).

Video tersebut langsung viral di media sosial dan menjadi sorotan publik.

Aksi melepaskan ikan lele ke sungai itu mendapatkan banyak apresiasi dari netizen, meski demikian tak sedikit pula netizen yang mencibir.

Lepas ikan lele ke sungan (TikTok)

"Saran kak kalau ikan bukan asli situ jangan asal lepas, bisa rusak ekosistem dan itu juga ikan lele (invasif) lele sama nila)," ujar tanda tanya.

"Kalau di situ bukan habitat ikan lele akan merusak habitat asli ikan di situ mba pintar," kata Luckypunchh.

"Ikan lele dilepas ke sungai enggak berbahaya, aneh orang-orang ini. Yang bahaya itu Arapaima, buaya, ular, piranha, lintah, kalau lele tidak bahaya," tuturnya Obiobi2 Obi.

Salah seorang netizen menjelaskan, aksi yang dilakukan keluarga tersebut merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh umat Budha.

"Yang enggak paham, ini namanya Fangsen (membebaskan makhluk hidup ke habitatnya) ini salah satu kegiatan umat Budha dan memang melepas lele biasanya," ujar Teddy.

Itulah video viral bagaimana keluarga ini lepaskan dua karung lele ke sungai hingga ujungnya memicu perdebatan netizen. (SuaraJabar.id/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen