Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 22 Januari 2021 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagaimana cara menghapus tanda di Google Maps langsung dari aplikasi, terlebih sering kali salah dalam memberikan lokasi dalam peta digital tersebut. Atau hendap memperbaiki titik lokasi yang sudah berubah.

Ada beragam cara untuk bisa mengubah hingga hapus tanda di Google Maps, salah satunya dengan aplikasi. Dalam aplikasi Google Maps memiliki fitur untuk membuat lokasi sendiri dengan menandai koordinat di peta dengan tanda pin.

Tanda pin tersebut dapat diatur melalui aplikasi Google Maps sesuai dengan lokasi yang diinginan seperti rumah, kantor, dan lokasi yang lainnya. Jika lokasi tersebut tidak digunakan, pindah maupun tutup secara permanen ada cara menghapus tanda pin lokasi tersebut.

Berikut ini cara menghapus tanda di Google Maps.

  1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone,
  2. Cari lokasi sudah tidak ada, pindah atau tutup permanen.
  3. Klik tanda pin lokasi dan klik pada menu pop up yang muncul dari bawah.
  4. Isi teks sarankan edit
  5. Klik pada tombol hapus tempat ini untuk menghapus tempat tersebut.
  6. Isi informasi mengapa tempat ini harus dihapus, tulis alasan sesuai dengan fakta yang ada dan berikan gambar terbaru dan alamat terbaru, kemudian klik pada tombol panah di sudut kanan atas.
  7. Setelah selesai akan mendapatkan sebuah poin saran pengeditan.
     

 

Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/henry perks)

Selain menjelaskan bagaimana cara menghapus tanda di Google Maps, Anda perlu tahu lebih dahulu tentang Google Maps. Aplikasi itu merupakan salah satu produk dari Google yang banyak digunakan untuk membantu orang dalam menemukan lokasi yang akan dituju.

Dengan banyaknya pengguna aktif Google Maps saat ini, Google terus mengembangkan dan menambah fitur-fitur yang ada di Google Maps.

Aplikasi ini tentunya dapat diakses melalui berbagai macam gawai mulai dari laptop, tablet maupun smartphone. Google Maps dapat selalu update segala informasi dan lokasi terbaru yang ada di Google Maps ini.

Google Maps terdapat banyak tempat yang dapat dikunjungi seperti restoran, tempat wisata, sekolah dan bahkan warung toko kelontong dapat dicari melalui Google Maps. Siapapun orang dapat menambahkan lokasi baru melalui Google Maps.

Biasanya para pedagang atau orang yang memiliki toko yang menambahkan lokasi secara mandiri asalkan tempat tersebut benar-benar ada. Google Maps tidak akan secara langsung menyetujui setiap permintaan verifikasi lokasi baru namun menunggu proses peninjauan selesai. Kemudian Google Maps akan menyetujui lokasi baru yang benar.

Dalam setiap harinya, Google Maps selalu update lokasi-lokasi terbaru dan juga melakukan penghapusan terhadap lokasi-lokasi lama yang sebelumnya telah tutup maupun pindah.

Oleh karena itu, Google Maps juga memberikan akses kepada pengguna untuk menghapus lokasi – lokasi yang sudah tidak ada. Namun begitu, Google Maps akan tetap meninjau ke lokasi secara langsung jika pengguna melaporkan penghapusan lokasi ke Google Maps.

Itulah cara menghapus tanda di Google Maps melalui aplikasi dengan mudah. (Kontributor Suara.com/ Muhammad Zuhdi Hidayat).

BACA SELANJUTNYA

Visa Digital Nomad: Bekerja Sambil Liburan Keliling Dunia