Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 27 Januari 2021 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mengaitkan nomor telepon dengan layanan dan aplikasi hingga media sosial saat ini memang sudah biasa, termasuk TikTok. Tetapi hal ini bisa terkadang menjadi hal yang membahayakan, meski banyak layanan yang memang membutuhkannya.

Hal membahayakan ini adalah jika terjadinya pelanggaran data dan mengakibatkan nomor telepon bocor dan digunakan untuk hal kejahatan.

Dilansir dari laman Ubergizmo, faktanya TikTok tampaknya hampir mengalami masalah karena menurut peneliti keamanan di Check Point Research mereka menemukan kelemahan keamanan yang serius.

Celah keamanan ini memungkinkan penyerang mencuri data pengguna, seperti nomor telepon, melalui fitur di TikTok disebut ''Friend Finder''.

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Menurut para peneliti ''Kerentanan tersebut memungkinkan penyerang membangun basis data detail pengguna dan nomor telepon masing-masing. Penyerang dengan tingkat informasi sensitif seperti itu dapat melakukan berbagai aktivitas berbahaya, seperti spear phishing atau tindakan kriminal lainnya. Pesan kami untuk pengguna TikTok adalah untuk membagikan data pribadi Anda seminimal mungkin. Perbarui OS dan aplikasi Anda ke versi terbaru.''

Sejauh ini aplikasi TikTok sudah memperbaiki kekurangannya, untunganya pada titik ini sepertinya tidak dieksploitasi.

Sementara itu, kami telah melihat bagaimana jenis kebocoran ini bisa berbahaya, di mana baru-baru ini ditemukan bahwa bot Telegram menjual lebih dari 500 juta nomor telepon pengguna Facebook.

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Inara Rusli Kelihatan Aurat saat Pakai Baju, Netizen Pertanyakan Ini