Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 31 Januari 2021 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat beredar postingan yang menghebohkan netizen di media sosial. Kabar ini mengklaim klaim status WhatsApp disebut-sebut bisa mebahayaka bagi pengguna.

Dalam postingan yang viral di media sosial tersebut, pengunggah mengklaim kalau status WhatsApp bisa membobol data pribadi bahkan rekening bank pengguna.

Dipostingkan sebuah akun Facebook, menyebutkan kalau pengguna klik status WhatsApp mencuri data pribadi mereka termasuk sampai ke akun bank.

Pengunggah klaim ini pun meminta publik lebih berhati-hati bila menerima pesan itu.

Berikut isi pesan itu.

"Perhatian..TAKTIK BARU SCAMMER.....Hati2 dapat msg dari WhatsApp, tadi dah masuk berita tv3, jgn tekan link biru tu, kalau tekan data account bank dan data peribadi akan dipindahkan,".

Dalam postingan yang viral di media sosial juga disertakan foto ikon WhatsApp yang dianggap membahayakan tersebut.

Hoaks status WhatsApp curi data pribadi. (ist)

Lantas benarkah pesan di status WhatsApp bisa mencuri data pribadi hingga data rekening bank pengguna?

Penjelasan

Dikutip dari Suara.com, klaim yang disampaikan akun tersebut tidaklah benar alias hoaks atau hoax.

Status Whatsapp tersebut bertujuan untuk memberitahu pengguna layanan tentang pemutakhiran aplikasi.

Status Whatsapp pertama yang dibagikan pada Jumat (29/1/2021) berisi, "WhatsApp tidak bisa mendengar dan membaca percakapan personal kamu karena semua end-to-end encypted".

Status Whatsapp tersebut pun menjadi viral di masyarakat menyusul kebijakan privasi terbaru yang akan diberlakukan WhatsApp.

Ilustrasi WhatsApp. [iGlobalWeb/Pixabay]

WhatsApp menegaskan kebijakan privasi itu tidak berpengaruh terhadap percakapan, baik pribadi maupun dalam grup di aplikasi..

Menurut WhatsApp, kebijakan privasi baru itu berlaku untuk percakapan dengan akun WhatsApp Business yang menggunakan API WhatsAPP Business dan memilih penyedia hosting di luar WhatsApp.

Dapat disimpulkan, unggahan status WhatsApp bisa curi data pribadi adalah informasi menyesatkan. (SuaraKalbar.id/ Husna Rahmayunita).

BACA SELANJUTNYA

Cara Daftar WhatsApp Beta, Lengkap Penjelasan dan Link Resminya