Senin, 29 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 02 Februari 2021 | 11:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak rumah yang kini menggunakan dispenser untuk mempermudah mengambil air minum galon, bahkan dispenser kekinian memiliki teknologi air panas dan dingin. 

Dispenser yang bisa menyediakan air hangat bahkan air dingin telah menjadi alat yang dibutuhkan di rumah. Tentu saja, dispenser menggunakan listrik untuk dapat bekerja.

Namun, sebuah foto dispenser membuat banyak orang tertawa. Foto dispenser tersebut dibagikan melalui akun Twitter @crazyinINA.

Pada foto tersebut, tampak sebuah dispenser yang jauh dari kata modern. Dispenser tersebut terbuat dari tanah liat dan terlihat sudah cukup tua. Meski demikian, sebuah galon air mineral merek ternama bertengger di atasnya.

Pengunggah foto ini menyebutnya sebagai "The Majapahit Empire Water Dispenser" atau Dispenser Air Kerajaan Majapahit.

Dispenser Kerajaan Majapahit (Twitter @CrazyinINA)

Dispenser tersebut sebenarnya memang sebuah penampung air yang umumnya disebut padasan. Biasanya padasan digunakan untuk membasuh wajah, kaki, tangan, atau berwudhu.

Selain padasan, sebenarnya ada jenis dispenser yang memang tak pakai listrik. Dispenser tanpa listrik ini biasa disebut sebagai dispenser guci yang biasanya terbuat dari keramik.

Bentuknya menyerupai guci, tanpa ada pilihan air panas atau dingin, serta biasanya menggunakan keramik sebagai bahan pembuatnya.

Foto tentang dispenser kerajaan Majapahit ini jadi viral. Hingga Senin (1/2/2021) foto ini sudah mendapat lebih dari 4 ribu likes di Twitter.

Sejumlah warganet pun memberikan respon atas dispenser antik tersebut.

"Astaga itu di rumah dipake buat wudhu," komentar seorang warganet.

Warganet lainnya turut mengomentari foto ini. "Hayam Wuruk mau tau di mana lokasinya," ujar seorang warganet.

"Berkah Kisanak minum air dari padasan," tulis seorang warganet tentang foto ini.

"Dulu di rumah temen SD gua 'dispenser'-nya kayak begini tapi nggak pake galon. Airnya asli jadi seger banget. Dingin," ungkap seorang warganet memberikan testimoni.

Unggahan dispenser jadul ini lantas viral di Twitter dan mendapatkan lebih dari 5,1 ribu likes. (Suara.com/Hiromi Kyuna)

BACA SELANJUTNYA

Muncul Secara Misterius di Foto Gadis Ini, Kamus Geografis Tahun 1869 Benarkan Adanya Kota Saranjana di Kalimantan