Kamis, 02 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 04 Februari 2021 | 09:15 WIB

Hitekno.com - CEO Amazon Jeff Bezos belum lama ini mengumumkan kabar pengunduran dirinta dari jabatannya. Dalam keterangan resmi mundurnya, Jeff Bezos juga menuliskan surat bahwa dirinya akan digantiakn oleh CEO yang baru bernama Andy Jassy.

Orang terkaya di dunia tersebut mengatakan jika Andy Jassy memiliki jasa yang luar biasa untuk bisnis cloud Amazon.

Andy Jassy memimpin Amazon Web Service yang menggerakkan sebagian besar internet sejak awal berdiri dan kini menjadi salah satu usaha Amazon yang paling menguntungkan.

Selama 27 tahun berdiri, baru kali ini Amazon digantikan oleh orang lain yaitu Andy Jassy yang berusia 53 tahun.

''Andy terkenal di dalam perusahaan dan telah berada di Amazon hampir selama saya. Dia akan menjadi pemimpin yang luar biasa, dan dia memiliki kepercayaan penuh dari saya'' tulis Jeff Bezos dalam keterangan resminya.

Andy Jassy. (YouTube/AWS)

Dilansir dari laman The Verge, Andy Jassy menjadi salah satu eksekutif yang paling berpengaruh dalam sejarah Amzon. Promosinya menggarisbawahi pentingnya komputasi awan bagi raksasa teknologi terbesar yang sekarang memainkan peran penting dalam memberdayakan seluruh internet.

Andy Jassy sendiri merupakan lulusan Harvard Business Scholl pada tahun 1997 dan bergabung dengan Amazon sebagai bagian industri teknologi sebelum ledakan internet berbasis dot-com.

Lalu Andy Jassy pernah menjadi penasihat ''bayangan'' pertama Jeff Bezos, seperti kepala staf perusahaan yang mengikuti CEO setiap hari dan duduk di semua pertemuannya.

Hubungan Andy Jassy dan Jeff Bezos makin akrab di tahun-tahun berikutnya saat ia memberi tugas untuk meneliti lebih jauh mengenai cloud pada 2003.

Saat penelitian lebih dalam, Andy Jassy lah yang membantu mengidetifikasi alat pengembangan Amazon, memperbaikinya dengan membuat API yang lebih mudah dan teknologi lain yang memungkinkan untuk tim Amazon.

Andy Jassy. (YouTube/AWS)

Butuh waktu enam tahun bagi Amazon untuk berkesperiman dan upaya mengembangkan AWS secara resmi. Keyakinan terkait masa depan internet terbukti, saat ini, AWS memberdayakan sebagian besar aplikasi, layanan dan situs web yang digunakan konsumen dan karyawan setiap hari.

Bahkan Amazon sekarang mengedalikan sekitar sepertiga dari seluruh pasar infastruktur cloud, lebih dari gabungan pesaing lainnya seperti Microsoft dan Google.

Dengan pengalamannya membangun AWS yang sangat berpengaruh di Amazon, membuat Andy Jassy siap memimpin Amazon di garis depan bersama persaingan di Industri AI, Cloud dan e-commerce.

BACA SELANJUTNYA

Bersaing Dapat Misi Luar Angkasa, Elon Musk Ejek Jeff Bezos Seperti Ini