Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 08 Februari 2021 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap generasi atau masa biasanya memiliki ciri khas tersendiri yang tertanam dalam memori seseorang. Sebuah potret mengenai karyawati di tahun 1990-an ini sukses bikin netizen nostalgia.

Meski setiap masa memiliki ciri khas, namun terkadang ciri khas itu dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi lain. Akun fanspage Instagram @asevw membagikan postingan mengenai foto jadul karyawati yang sedang makan bersama teman-temannya.

Fanspage tersebut memang dikenal rajin mengunggah foto-foto lawas yang membuat netizen generasi zaman old bernostalgia.

"Karyawati yang lagi asyik makan bakso pada saat jam istirahat di Jakarta tahun 1995," tulis @asevw pada caption-nya.

Pada gambar, terlihat sekitar lima orang karyawati yang sedang menyantap makanan bersama-sama. Dua orang karyawati nampak menyembunyikan wajah dan tersenyum malu saat difoto.

Potret karyawati tahun 1990-an ini bikin netizen nostalgia. (Instagram/ asevw)

Sementara karyawati lain tersenyum lebar saat menyadari bahwa mereka sedang difoto. Mereka nampak membawa mangkok bergambar ayam jago ketika menyantap makanan. Netizen yang menyadari langsung salfok dan menjuluki wadah makan itu sebagai "mangkok legend".

Bagaimana tidak, mangkok bergambar ayam jago termasuk mangkok legendaris karena ditemukan dari generasi ke generasi. Bahkan sampai sekarang kita tetap mudah menemui mangkok seperti itu di warung bakso, mie ayam dan lain-lain.

Dari film Mandarin terutama yang dibintangi oleh Stephen Chow terkadang kita juga bisa menemukan keberadaan "mangkok legend" satu ini. Dikutip dari Wikipedia, mangkok ayam jago (rooster bowl) mulai dipopulerkan di Tiongkok lebih dari seratus tahun lalu oleh orang-orang Hakka di Provinsi Guangdong.

Potret karyawati tahun 1990-an ini bikin netizen nostalgia. (Instagram/ asevw)

Keberadaan mangkok kemudian menyebar ke beberapa negara terutama Thailand dan negara lain seperti Vietnam, Singapura, hingga Indonesia. Bahkan konon mangkok ayam jago sudah ada sejak masa Dinasti Ming ratusan tahun lalu. Foto jadul mengenai karyawati 1990-an dan "mangkok legend" yang dibawanya memancing beragam komentar dari netizen.

"Mangkok legend. Dari generasi ke generasi," komentar @didik.juliawan.

"Ketika kepala belum tertunduk pada HP (emoticon tertawa)," balas @aego_sr.

Mangkok ayam jago. (Tokopedia/ Tensocien Shop)

"Mangkok bergambar ayam yang paling legendaris saat itu," pendapat
@tedypriyatna.

"Zaman masih belum ada kata si kampret dan si cebong. Ah rindunya zaman itu, pada akur," kata @dilladaliila.

Itulah tadi postingan foto jadul karyawati 1990-an dan "mangkok legend" yang bikin netizen nostalgia, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pengakuan Karyawati Cikarang Diminta Staycation, Korban Kerap Menerima Pesan WA