Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 09 Februari 2021 | 17:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Edit video online menjadi salah satu solusi jika memiliki perangkat dengan performa pas-pasan. Karena proses render akan dikerjakan di server, bukan di PC atau laptop kita.

Selain itu, jika dilakukan secara online kita tidak perlu untuk menginstal aplikasi edit video. Cukup dengan web browser saja, kamu bisa melakukan editing pada video.

Menariknya, ada sejumlah aplikasi edit video online gratis yang tersedia sebagai pilihan. Sayangnya beberapa memberikan tambahan watermark pada layanan gratisnya.

Namun ada satu layanan edit video yang gratis, bisa dilakukan secara online, ringan tidak perlu perangkat kelas atas, namun tidak memberikan watermark atau tanda pada hasilnya.

Yakni YouTube Studio, layanan edit video online gratis yang bisa kamu manfaatkan. Bahkan sangat cocok untuk kamu yang memulai karier sebagai YouTuber baru.

Edit Video Online dengan YouTube Studio. (HiTekno.com)

Bagaimana caranya edit video online gratis dengan YouTube Studio? Secara gampangnya, kamu harus unggah dulu video ke YouTube, dan ada opsi untuk private atau tidak terpublis.

Dari sana, kita bisa melakukan editing video yang sudah terunggah di layanan berbagai video milik Google ini. Memang tidak selengkap aplikasi edit video ternama, namun cukup untuk tugas sederhana.

Dari potong video, memberikan backsound, memblur bagian tertentu bisa dilakukan secara gratis. Yang lebih penting ringat bagi pengguna laptop atau PC kentang.

Lebih lengkapnya, ikuti langkah berikut ini.

  1. Buat akun YouTube jika belum punya, bisa juga memakai akun Google
  2. Masuk ke alamat https://studio.youtube.com/
  3. Setelah masuk ke halaman utama atau 'Channel dashboard' pilih tombol 'Buat' atau 'Create' di kanan atas
  4. Pilih Upoad Videos, kemudian Pilih File atau Select File
  5. Pilih video apa yang ingin kamu edit
  6. Setelah terunggah beri judul video, deskripsi, jawab pertanyaan video untuk anak-anak atau tidak, klik berikutnya atau next,
  7. Di tab elemen video pilih next atau berikutnya lagi
  8. Di tab visibiliti, pilih pribadi atau private agar video tidak di publish
  9. Klik Simpan
  10. Ketika kembali ke halaman dasbor, pilih menu konten pada bagian kiri bawah nama channel
  11. Pada video yang hendak di edit, pilih detail
  12. Pada menu kiri, akan muncul pilihan Editor, pilih
    Edit Video Online dengan YouTube Studio. (HiTekno.com)
  13. Sekarang kamu sudah masuk ke bagian Edit Video Online di YouTube Studio
  14. Kamu di sini bisa memotong video, memberikan blur, memasukkan musik
  15. Jika sudah selesai, jangan lupa klik Simpan atau Save pada bagian Kanan atas
    Edit Video Online dengan YouTube Studio. (HiTekno.com)
  16. Tunggu pemrosesan video selesai dilakukan server YouTube Studio, kamu bisa kembali ke kolom konten untuk melihat status prosesnya
  17. Setelah keterangan memprosesnya selesai, kamu bisa download video hasil editing kamu dengan klik titik tiga di sisi kanannya lalu pilih download
  18. Tunggu sampai proses download video selesai

 

Memang disayangnya cara edit video online ini belum bisa menambahkan atau menggabungkan dengan file video lain. Juga tidak tersedia beragam efek hingga pewarnaan dan pencahayaan.

Namun setidaknya dengan layanan ini, kamu bisa potong video, beri blur, matikan musik, masukkan musik, dengan mudah dan gampang tanpa instal aplikasi edit video.

Itulah cara edit video online gratis menggunakan YouTube Studio. Bisa kamu lakukan cuma-cuma tanpa instal aplikasi tambahan, dan semua proses ada di server.

BACA SELANJUTNYA

Tips Mendapatkan Skin Mobile Legends Gratis, Terbaru Mei 2023