Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 17 Februari 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap kebaikan yang dilandasi dengan keikhlasan biasanya memiliki nilai lebih di mata orang lain. Sebuah video yang menampakkan perjuangan kakek sepuh dalam menjajakan "es jadul" ini sukses bikin netizen terenyuh.

Banyak netizen merasa terharu atas kebaikan yang dilakukan oleh kakek sepuh tersebut. Meski tak bergelimang harta dan hidup sederhana, rupanya kakek ini setiap hari bersedekah untuk anak yatim.

Ia menggratiskan dagangan apabila terdapat anak yatim yang tertarik dengan es jadul buatannya.

"Kebaikan Mbah Jumiyo, semanis es dagangannya," tulis akun resmi @kitabisacom. Pada video, terlihat kakek berumur 70 tahun ini masih kuat dalam mengayuh sepeda dan menjajakan dagangannya.

Netizen langsung salfok dengan tulisan yang ada pada gerobak milik penjual es di Yogyakarta tersebut. "Es jadul, khusus anak yatim gratis," tulis deskripsi pada belakang grobak.

Kakek penjual es jadul ini bikin netizen terenyuh. (TikTok/ @kitabisacom)

Rupanya, Mbah Jumiyo memang suka membagikan es jadul gratis kepada anak yatim dhuafa. Untuk orang umum, esnya juga murah meriah karena dibanderol Rp 2 ribuan saja.

"Iya kamu nggak salah baca, es jadul ini digratisin buat anak yatim dhuafa. Mbah Jumiyo jualan es jadul mengayuh sepeda 20 km dari rumah sampai Alun-Alun Kidul. Mbah Jumiyo dan istrinya bikin sendiri es jadul dengan alat seadanya. Tiap hari Mbah Jumiyo keliling bawa 30 es jadul yang dijual seharga Rp 2 ribu. Mbah Jumiyo bilang: jualan itu harus, tapi yang penting lagi ya berbagi," tulis deskripsi pada video.

Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 270 ribu kali dan memperoleh 53 ribu Like.

Kakek penjual es jadul ini bikin netizen terenyuh. (TikTok/ @kitabisacom)

Ratusan netizen ikut berkomentar di mana mereka merasa terharu dan ingin turut serta dalam membantu kakek tersebut.

"Ternyata surga neraka itu ada yang guys. Saat melihat orang baik aku melihat surga, begitu pun sebaliknya," pendapat @112345ur.

"Allahu Akbar (emoticon menangis), yang masih banyak mengeluh termasuk saya pribadi, yuk bersyukur masih banyak di luar sana yang berkecukupan tapi tetap membantu," kata @mirayulia_99.

Kakek penjual es jadul ini bikin netizen terenyuh. (TikTok/ @kitabisacom)

"Ya ampun, bapak baik banget (emoticon terharu), semoga bapak sehat ya," doa @cimimiw9.

"Masya Allah, sederhana di dunia kaya di akhirat (emoticon sedih)," pendapat @AnisaFabilatu.

"Setiap nongkrong di Alkid, kalau ada beliau saya selalu membeli esnya, suara loncengnya khas. Es kakek ini juga enak, mengingatkan kita waktu kecil," tulis @YanuarisEnny.

Untuk melihat video viral mengenai kakek sepuh penjual es yang menggratiskan dagangan untuk anak yatim, kalian bisa mengunjungi postingan asli melalui link ini.

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen