Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 20 Februari 2021 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap masa atau generasi biasanya memiliki kenangan yang sulit untuk dilupakan. Sebuah foto mengenai pom bensin jadul ini sukses bikin netizen nostalgia.

Akun fanspage Instagram @generasijadul90an membagikan foto mengenai potret pom bensin era lawas dengan beberapa mobil jadul di sekitarnya.

"Pom bensin zaman dulu nih, pernah berada di masa itu?" tulis akun fanspage @generasijadul90an.

Banyak netizen langsung salfok dengan logo Pertamina yang ada di pom bensin tersebut. Remaja yang lahir pada 2000-an ke atas mungkin menganggap logo itu cukup asing.

Meski begitu, generasi 80-an, 90-an, atau generasi zaman old masih mengingat logo Pertamina lengkap dengan dua kuda lautnya.

Foto jadul pom bensin ini bikin netizen nostalgia. (Instagram/ generasijadul90an)

Dikutip dari Wikipedia, Pertamina memang beberapa kali berganti logo dari 1961 (logo awal Pertamin) dan terakhir, tahun 2005 hingga sekarang.

PN Pertamin memiliki logo bintang api berwarna merah (1961-1968) sementara logo Permina menampakkan dua kuda laut dengan bintang serta background putih (1961-1968).

PN Permina bergabung dengan PN Pertamin menjadi PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) pada 20 Agustus 1968, di mana logo juga berubah serta menampilkan dua kuda laut di sisi bintang dengan background biru (1968 - 2005).

Foto jadul pom bensin ini bikin netizen nostalgia. (Instagram/ generasijadul90an)

Kemudian logo kembali berganti mirip huruf "P" dan anak panah pada akhir 2005, yang menjadi lambang familiar di pom bensin saat ini.

"Pada 10 Desember 2005, Pertamina mengubah lambang kuda laut menjadi anak panah dengan warna dasar hijau, biru, dan merah yang merefleksikan unsur dinamis dan kepedulian lingkungan," tulis situs resmi Pertamina.

Foto itu mengingatkan netizen dengan logo ikonik kuda laut di era jadul. Masih belum diketahui mengenai tempat dan tahun di mana foto tersebut diabadikan, namun keberadaan logo itu masih membekas di ingatan netizen generasi old. Bahkan netizen juga ingat jokes (candaan) lawas mengenai lowongan Pertamina untuk menggantikan kuda laut.

Logo Pertamina sebelum diganti tahun 2005. (Mutasi DNA Powerhouse by Rhenaldi Kasali via Google Book)

Foto jadul ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Jokes zaman dulu, lowongan kerja Pertamina pengganti kuda laut," komentar @npf89.

"Zaman pom jualan premium, solar dan premium campur (2t)..wkwkw," kenang @ahoabaherinoya.

"Di etalase kacanya berjejer oli Mesran," kata @abitoyik.

"Dilihat dari mobilnya, ini tahun 80-an," pendapat @noor_part.

Itulah tadi foto pom bensin jadul yang bikin netizen nostalgia, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini