Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Minggu, 21 Februari 2021 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - DKI Jakarta kembali dilanda banjir akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Kamis (18/2/2021). Di Twitter, sebuah cuitan yang memperlihatkan potret Jakarta saat banjir sejak tahun 1918 lalu menjadi perbincangan.

Potret lawas Jakarta saat banjir ini diunggah akun @mazzini_gsp dan menjadi viral di Twitter pada Sabtu (20/2/2021) lalu.

Dalam cuitannya, pemilik akun ini mengunggah foto Jakarta saat banjir sejak tahun 1872 lalu. Tidak hanya itu, foto Jakarta saat banjir tahun 1898, 1918 dan 1920 juga turut diunggah si pemilik akun Twitter tersebut.

Nampak dari foto yang diunggah, kondisi salah satu daerah di Jakarta pada Januari 1872 lalu. Terlihat cukup jelas, daerah tersebut digenangi air yang tingginya di atas mata kaki.

Foto kedua datang dari tahun 1898 saat Jakarta dilanda banjir yang juga setinggi mata kaki. Pada foto ketiga dari tahun 1918 nampak sebagian daerah yang tergenang banjir setinggi betis orang dewasa.

Foto banjir Jakarta dari tahun ke tahun. (twitter/mazzini_gsp)

Selanjutnya, pada foto tahun 1920, kondisi banjir di Jakarta semakin parah. Nampak di foto ini, sejumlah warga di daerah tersebut terpaksa menggunakan rakit dan perahu untuk menerjang banjir yang menggenangi daerah ini.

Tidak diketahui mengenai penyebab banjir yang terjadi di Jakarta pada tahun tersebut. Namun, usai potret lawas Jakarta saat banjir ini viral di Twitter, berbagai komentar lalu ditinggalkan netizen yang justru membawa nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

''Jakarta memang langganan banjir. Apakah salah Anies jika Jakarta banjir? Tentu tidak. Namun janji politik Anies itu jauh panggang dari api. Nggak ada realitanya'' balas netizen.

Foto banjir Jakarta dari tahun ke tahun. (twitter/mazzini_gsp)

''Udah pada tahu dari dulu Jakarta sering banjir, kenapa dijadiin ibu kota sama pusat bisnis yak'' komentar akun lainnya.

''Pasti salah Anies'' ungkap netizen lainnya.

Viral di Twitter, unggahan potret Jakarta saat banjir sejak tahun 1872 ini lalu telah mendapat lebih dari 1.800 retweets dan ratusan balasan dari netizen.

BACA SELANJUTNYA

Toko Konsol dan Aksesori Game Super Lengkap di Mangga Dua Mendadak Viral, Netizen: Legends!