Selasa, 30 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 24 Februari 2021 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Facebook masih jadi platform media sosial yang cukup populer, bahkan penggunanya di seluruh dunia maupun Indonesia masihlah banyak.

Paling baru, diungkap pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai 140 juta pada 2020 kemarin. Angka ini dibagikan platform media sosial pada pada Selasa (23/2/2021). 

Sedangkan data terbaru, di dunia ini telah ada 3,3 miliar pengguna Facebook yang tersebar ke berbagai negara.

Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian mengatakan tumbuhnya jumlah pengguna Facebook didasari karena pandemi Covid-19.

Kenaikan pengguna Facebook ini tidak hanya terjadi di negara luar, Indonesia pun turut mengalami hal serupa.

"Komunitas online tumbuh selama masa pandemi Covid-19," kata Country Director Facebook Indonesia dalam konferensi pers virtual, Selasa (23/2/2021).

Dalam Laporan Tren Digital hasil kerja sama dengan YouGov, jumlah pengguna Facebook di Indonesia kini mencapai lebih dari 140 juta orang. Mereka juga turut bergabung dalam grup Facebook dengan jumlah 9,5 juta grup dalam sebulan terakhir.

Ilustrasi Facebook. (HiTekno.com)

Survei yang melibatkan 15.000 orang yang tersebar di 15 negara, termasuk Indonesia, mengatakan 95 persen responden mengaku telah memberikan bentuk dukungan kepada anggota komunitas selama pandemi melalui grup Facebook.

"Di grup tersebut, mereka membantu masyarakat yang membutuhkan berbagai kebutuhan pokok di tengah pembatasan sosial, berbagi informasi penting dari pemerintah, hingga menyediakan dukungan finansial untuk bisnis lokal," tambah Peter.

Sebanyak 54 persen responden mengaku menerima dukungan mori dari grup selama pandemi. Kemudian 55 persen lainnya memberikan dukungan moril kepada sesama anggota komunitas.

Komunitas pengguna Facebook juga diprediksi akan terus tumbuh selama pandemi. 82 persen responden mengatakan bahwa platform digital sangat penting untuk membantu komunitas di tengah pandemi.

"Selama 12 bulan ke depan, 88 persen orang di grup menunjukkan mereka bakal terus terlibat dalam komunitas tersebut, atau bahkan lebih sering," pungkas Peter.

Itulah data terbaru yang mengungkap jumlah pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai 140 juta orang dan terus bertambah. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Memeriahkan Ramadan, POCO Indonesia Hadirkan Harga Menarik