Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 27 Februari 2021 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Microsoft telah memutuskan untuk melakukan investasi dengan membangun data center atau pusat data di Indonesia. Apakah ada keuntungan yang didapat dari pembangunan tersebut?

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) data center yang dibangun Microsoft di Indonesai ini bisa mendukung transformasi digital dan pemulihan ekonomi.

"Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik rencana Microsoft untuk membangun data center lokal dengan layanan cloud yang sangat aman dan sesuai, yang akan menguntungkan bisnis lokal, pemerintah, dan individu di semua sektor. Kami juga menyambut baik komitmen Microsoft dalam meningkatkan kapasitas talenta digital Indonesia di semua tingkat keahlian," kata Menkominfo, Johnny G. Plate dalam keterangan pers bersama Microsoft, dikutip Jumat (26/2/2021).

Microsoft berkomitmen untuk membangun area data center pertama mereka di Indonesia, berupa infrastruktur komputasi awan dan pelatihan digital bagi 3 juta orang di Indonesia hingga akhir tahun 2021.

Mengutip data IDC Info Snapshot, bisnis yang menggunakan teknologi komputasi awan atau cloud computing diharapkan bisa membuka 60.000 pekerjaan bagi kegiatan ekonomi lokal selama empat tahun ke depan.

Logo Microsoft. (Microsoft)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menilai data center bisa berdampak pada percepatan ekosistem digital di bidang pertanian, seperti integrasi data secara aktual dari sawah dan ladang menuju pusat data.

Penggunaan teknologi juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas pengambilan keputusan di bidang pertanian sehingga bisa berdampak positif terhadap ekonomi digital dan peningkatan ketahanan pangan.

Berkaitan dengan adopsi teknologi komputasi awan, pemerintah Indonesia sedang merancang Pusat Data Nasional untuk mendukung Satu Data Indonesia. Di masa depan, Indonesia akan memiliki aplikasi agar penyelenggaraan pemerintahan lebih efisien.

Perkembangan terakhir soal proyek Pusat Data Nasional, pemerintah melalui Kementerian Keuangan sudah menandatangani "financial protocol" dan kini berada di tahap penyediaan lahan di Jakarta. Kominfo mempertimbangkan data center akan terletak di beberapa lokasi untuk menjaga redudansi

Itulah tanggapan Kominfo mengenai investasi pembangunan data center Microsoft di Indonesia yang ternyata mendukung transformasi digital dan pemulihan ekonomi. (Suara.com/ Liberty Jemadu,).

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi Plan Indonesia dan Microsoft, Luncurkan Program AI TEACH for Indonesia