Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 08 Maret 2021 | 12:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada hari, Senin (8/3/2021) Google merayakan Hari Perempuan Internasional 2021 lewat doodle yang muncul di halaman pencarian. 

Jika kamu mengakses halaman awal pencarian Google, akan muncul video animasi singkat yang menghormati peran perempuan dalam membuka jalan bagi generasi perempuan di seluruh dunia.

Google doodle Hari Perempuan Internasional 2021. [Google]

Animasi ini menyoroti peran-peran yang dilakukan oleh para perempuan pertama kalinya, membuka jalan dalam pendidikan, hak-hak sipil, sains, hingga seni.

"Video doodle memberi penghormatan kepada para pahlawan ini dengan menggambarkan tangan yang telah membuka pintu bagi perempuan selama beberapa generasi. Doodle hari ini merayakan para perempuan di seluruh dunia yang mengatasi rintangan waktu mereka untuk menciptakan warisan yang berkelanjutan," tulis Google dalam laman resmi doodle.

Video tersebut memperlihatkan beberapa tangan perempuan yang terangkat ke atas. Dua di antaranya sedang bergandengan tangan dan seolah membentuk huruf O untuk melengkapi kata "Google".

Menurut lansiran 9to5Google, Hari Perempuan Internasional dimulai sebagai Hari Perempuan pada 1909 di Amerika Serikat.

Google doodle Hari Perempuan Internasional 2021. [Google]

Perayaan tersebut pun terus berkembang hingga menjadi acara global dengan titik fokus berbeda setiap tahun. Pada 2021 kali ini, tema yang diusung adalah #ChooseToChallenge.

Doodle kali ini diilustrasikan oleh Helene Leroux yang mendapat inspirasi dari neneknya sendiri. Sebagai seorang animator, Leroux mengaku menambahkan profesinya sendiri yang sering didominasi oleh lelaki.

"Tema ini sangat cocok dengan saya. Nenek buyut saya adalah seorang seniman yang luar biasa, tetapi dia tidak pernah benar-benar diizinkan untuk menggeluti bidang seni secara profesional. Saya akhirnya menjadi perempuan pertama di keluarga saya yang melanjutkan studi seni dan memiliki profesi menggambar," ucap Leroux dalam wawancara dengan tim Google.

Google juga telah menambahkan serangkaian wallpaper eksklusif untuk perangkat Pixel pada Pixel Feature Drop Maret 2021 baru-baru ini yang dapat pengguna hias untuk merayakan Hari Perempuan Internasional.

Tak hanya itu, ada juga bagian khusus di Google Play Store yang menyoroti pengembang perempuan hingga pembuat konten.

Tak hanya di Indonesia, Google doodle ini juga muncul di seluruh dunia lho. Kamu dapat menemukan berbagai berita mengenai Hari Perempuan Internasional 2021 hanya dengan mengklik ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Ngotot Minta WFH, Karyawan Google Ancam Walkout!