Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 13 Maret 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Viral di media sosial, video yang menampilkan kondisi jalanan desa yang disebutkan berada di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

Video yang menampilkan jalan rusak ini, diunggah oleh seorang guru SMPN 1 Cicantayan hingga jadi sorotan netizen.

Rekaman tersebut ia unggah melalui akun Facebook. Awalnya, guru bernama Eko itu hendak menginformasikan keadaan jalan rusak di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

Tak disangka, aksinya itu justru menuai amarah dari perangkat Desa Cijalingan. Video perangkat desa marah dan menuding Eko pun viral di media sosial.

Permasalahan ini pun rupanya membuat halaman profil Cijalingan di Wikipedia pun berubah.

Saat ditelusuri Suara.com, profil di dalam Wikipedia menyebutkan soal kondisi jalan desa yang rusak. Terdapat pesan yang meminta untuk melaporkan KPK terkait dana pembangunan desa.

"Silakan lapor KPK atau ombudsman agar dana pembangunan desa bisa dana pembangunan desa bisa diusut kejelasannya," tulis keterangan profil tersebut, dikutip Suara.com.

Profil Cijalingan di Wikipedia. (Wikipedia)

Selain itu, dalam profil tersebut menyebutkan Cijalingan adalah desa yang terkenal dengan apartur desa yang anti-kritik.

Hal ini akibat video unggahan Eko seorang guru SMPN 1 Cicantayan yang berujung membuat amarah perangkat desa.

"Cijalingan adalah desa yang kondisi jalannya sudah rusak bertahun-tahun, dan terkenal dengan aparatur desa yang anti-kritik, sebab ketika warganya mengekspresikan keresahan kondisi desa, aparat desa malah melakukan tindakan intimidatif dengan kekerasan verbal. Desa ini terletak di Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia," lanjut keterangan itu.

Dalam video yang diunggah oleh Eko, terlihat sepanjang jalan desa tersebut memang berlubang dan rusak.

Bahkan, warga sampai harus menanam pohon pisang di jalan yang berlubang tersebut.

Konfirmasi Kepala Desa

Jalan rusak di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Sebelumnya seorang guru dimarahi oknum aparat desa akibat memposting keadaan jalan tersebut. Belakangan video guru dimarahi oknum aparat desa itu viral di media sosial. [Sukabumiupdate.com/Riza]

Video antara guru dan aparat desa tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Cijalingan Didin Jamaludin.

Dia mengaku video tersebut direkam pada Rabu (10/3/2021) di SMPN 1 Cicantayan. Adapun tujuan kedatangan aparat desa, kata Didin, hanya ingin meminta klarifikasi kepada Eko soal postingan jalan rusak itu.

Terkait jalan rusak itu, Didin mengatakan bahwa jalan itu menjadi kewenangan pemerintah desa sejak 2018.

Dirinya mengaku sebagai kades juga ingin masyarakat menikmati infrastruktur yang layak. Akan tetapi, akibat pandemi rencana perbaikan jalan harus terhambat.

Lebih lanjut, Didin menyatakan anggaran pembangunan jalan ini sudah masuk RKP yang tercantum dalam APBDes sebesar Rp 150 juta ditambah anggaran Bantuan Provinsi Rp 60 juta.

"Volume jalan yang rusak sepanjang 1.600 meter. Kita akan perbaiki sekitar Agustus atau September," jelasnya, dikutip dari sukabumiupdate.com -- jaringan Suara.com.

Itulah keramaian jalan rusak melalui video viral di media sosial, hingga terjadi perubahan pada halaman Wikipedia. (BeritaHits.id/ Nur Afitria Cika Handayani).

BACA SELANJUTNYA

Lihat Goyangan Tubuh Lesti Kejora saat Main Voli, Netizen Malah Ketar-ketir