Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 16 Maret 2021 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat viral di media sosial, video yang menghebohkan dengan menampilkan sekelompok warga menyerbu gunung emas.

Nampak dalam video, terlihat berbondong-bondong warga menyerbu gunung emas dengan berbagai alat seadanya yang mereka bawa.

Video itu salah satunya dibagikan oleh pengguna akun Twitter Algohbary. Setelah viral di media sosial dan menjadi sorotan, terungkap fakta di balik aktivitas warga menyerbu gunung emas.

Usut punya usut, peristiwa itu terjadi di gunung emas yang terletak di Luhihi, provinsi Kivu Selatan Kongo atau sekitar lima kilometer dari arah Utara Bukav.  Warga menyerbu daerah tersebut setelah tahu ada tambang emas.

Menyadur Times Now News, Sabtu (13/2/2021, namun kekinian, gunung emas telah ditutup oleh Otoritas Republik Demokratik Kongo.

Warga serbu gunung emas.(Twitter)

Dalam salah satu video yang beredar, warga menggali tanah menggunakan sekop lalumengekstraksinya. Bahkan ada yang menggunakan tangan kosong untuk menggali gunung emas tersebut.

Sementara, dalam video lanjutan warga setempat terlihat mencuci logam mulia tersebut dan mengumpulkannya dalam sebuah.

"Arus masuk para penambang sangat besar sehingga memberikan banyak tekanan pada desa kecil itu," kata Venant Burume Muhigirwa, Menteri Pertambangan Kivu Selatan.

Dengan adanya kegiatan itu, pihak berwenang terpaksa melarang penambangan dan seluruh aktivitas di gunung emas ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Meskipun video tersebut viral di media sosial pada awal bulan Maret ini, namun sebenarnya kejadian tersebut sudah terjadi sejak tanggal 27 Februari lalu.

Warga serbu gunung emas.[Twitter]

Hal ini dikonfirmasi oleh kontributor BBC di Kongo, Byode Malenga. Ia menyatakan bahwa kejadian tersebut terjadi pada beberapa waktu sebelum videonya viral di media sosial.

Itulah kisah di balik video viral di media sosial soal penyerbuan warga pada gunung emas yang menghebohkan. (SuaraKalbar.id/ Hikmawan Muhamad Firdaus).

BACA SELANJUTNYA

Beredar Video Celana Gisella Anastasia Melorot, Ternyata Ini yang Terjadi