Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 25 Maret 2021 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mahasiswa tentu tidak terlepas dari skripsi. Sebagai syarat lulus, skripsi tentu memiliki urutan dan tata cara penulisan khusus yang harus ditaati oleh seluruh mahasiswa. Biar ujian dengan dokumen rapi, begini cara membuat halaman skripsi super mudah.

Sering kali diremehkan, tanpa disadari, nomor halaman adalah hal penting untuk dilakukan sebelum skripsi yang kamu buat dikumpulkan untuk kemudian menuju fase berikutnya dari ujian skripsi.

Secara umum, membuat nomor halaman sangat krusial terutama untuk kamu yang sedang mengerjakan skripsi, karya ilmiah, laporan praktikum, makalah hingga laporan penelitian.

Biasanya, nomor halaman diletakkan pada bagian bawah halaman skripsi. Entah di tempatkan di bagian tengah bawah, kiri bawah atau kanan bawah, halaman ini memiliki fungsi untuk memudahkan pembaca dalam membaca skripsi atau karya ilmiah yang dibuat.

Cara membuat halaman skripsi dapat dilakukan melalui laman Microsoft Word dari skripsi yang telah dikerjakan. Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu masuk ke menu 'Insert' lalu ke 'Page number'.

Cara membuat halaman skripsi. (Support.office.com)

Dalam menu tersebut, kamu dapat memilih lokasi penomoran serta gaya yang diinginkan sesuai dengan standar pembuatan skripsi. Pada bagian menu ini akan muncul 4 menu teratas dan 2 menu tambahan di bagian bawah.

Empat menu bagian atasa adalah Top of Page, Bottom of Page, Page Margins dan Current Position. Empat gaya di atas menunjukan gaya penomoran yang berbeda sesuai dengan keinginanmu.

Top of Page akan menampilkan nomor halaman di bagian atas, Botom of Page untuk menampilkan nomor di bagian bawah, Page Margins untuk menampilkan nomor di bagian samping dan Current Position untuk menempatkan nomor di bagian kursor berada.

Cara membuat halaman skripsi. (Support.office.com)

Sebagai bagian cover, ada baiknya untuk tidak menempatkan nomor halaman di bagian pertama skripsi yang sedang kamu susun. Untuk hal ini, kamu hanya perlu mengklik bar 'Different First Page' di bagian Header atau Footer.

Untuk mengatur halaman sesuai keinginanmu, kamu dapat memilih 'Insert' lalu 'Page Number' lalu 'Format Page Number' untuk mengatur penomoran di halaman yang kamu inginkan.

Jika semua step dari cara membuat halaman skripsi di atas telah kamu lakukan, dijamin skripsi yang sedang kamu buat akan semakin rapi. Langkah terakhir, jangan lupa untuk melakukan cek ulang untuk tiap nomor halaman di skripsi ya.

BACA SELANJUTNYA

Cara Membagi Halaman Menjadi 4 Bagian di Microsoft Word